Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

Cara Mudah Edit Foto Efek Cahaya dengan Photoshop

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto - Membuat foto atau gambar kita menjadi lebih profesional dengan menambahkan efek-efek di photoshop di antaranya adalah membuat efek cahaya pada foto kita. Efek ini juga biasa disebut dengan Glow Effect, Lighting Abstract, Fantasy Effect, ataupun juga Effect Lighting pada Model.

Beberapa kali saya ingin share tutorial ini namun hasil yang saya buat masih kurang memuaskan, heheee. Ya maklum namanya juga belajar, gak mungkin langsung bisa. Namun kali ini saya akan share tutorial tersebut cara membuat efek cahaya pada foto agar lebih terlihat profesional.

Sebelum sobat ikuti tutorial ini, terlebih dahulu sobat siapkan alat tempurnya. Sobat bisa mendapatkan stock gambar untuk membuat efek cahaya di situs penyedia gambar gratis ataupun melalui pencarian gambar google. Adapun bahan-bahan yang harus sobat persiapkan untuk mencoba tutorial kali ini adalah :

Bahan :

Setelah sobat dapat semua bahan-bahanya sekarang saatnya kita mulai Tutorial Photoshop Memuat Efek Cahaya Keren pada Foto dengan Software Adobe Photoshop...

 gambar abstrak keren, Glow Effect, Lighting Abstract, Fantasy Effect, Lighting pada Model, Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto, Cara Mudah Edit Foto Efek Cahaya dengan Photoshop,efek foto, photo efek, edit foto efek cahaya, efek photo  foto efek, edit efek, edit foto ahaya, foto efek cahaya , gambar efek cahaya, edit foto efek cahaya.

#1. Buka program Photoshopnya disini saya menggunakan Photoshop CS3, import foto model kemudian seleksi model tersebut dengan menggunakan Pen Tool (P) (sesuaikan selera sobat menggunakan tool apa dalam menyeleksi) Kemudian Delete background, buat backgroundnya berwarna hitam. 

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

#2. Buat layer baru (CTRL + SHIFT + N) dibawah layer Model, beri nama Shadow Light kemudian pilih Brush Tool (B). Atur Opacitynya menjadi 35% kemudian sapukan brush di area model. 

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

#3. Buat layer baru lagi dibawah layer model. Pilih Polygonal Lasso Tool (L) kemudian buatlah seleksi seperti gambar dibawah. Lalu Pilih Brush Tool (B) dengan Forground putih. Sapukan perlahan ke area seleksi tersebut. 

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

#4. Lakukan lagi cara diatas, kali ini rubah warna brushnya ganti dengan warna lain. 

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

#5. Masukan Gambar bakcground apinya. Tekan CTRL + O lalu cari letak gambar background api kemudian klik Open. Letakan di belakang layer Model ubah blending modenya menjadi Screen. Lalu Copy layer Background api tadi, letakan posisi di atas kepala dan atur bentuknya. 

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

#6. Sekarang import backgrond efek cahaya. Kemudian sobat edit sedikit bentuknya dengan menggunakan Free Transform (CTRL + T). Ubah blending modenya menjadi Screen, lalu turunkan Saturation atau contrasnya biar warnanya tidak kelihatan mencolok. 

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

#7. Berikutnya kita tambahkan efek pencahayaannya seperti langkah ke 3 dan 4. Berilah variasi bentuk dan warna pada brushnya sehingga terlihat seperti berikut... Saya beri contoh pada lingkaran merah. Layer efek cahaya ini letakan di atas layer model.

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

#8. Buat layer baru lagi (CTRL + SHIFT + N) beri nama Light Blur, kemudian sobat pilih Brush Tool (B). Atur warna Forgroundnya dengan warna putih, kemudian Opacitynya 50%. Lalu klik di bagian jari yang memetik senar. 

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

#9. Selanjutnya masih tetap menggunakan Brush Tool (B). Buatlah layer baru dengan nama B.Light. Kemudian dengan Opacity 20% pada brush, batlah variasi cahaya dengan warna yang berbeda-beda pada brush tersebut. 

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

#10. Langkah selanjutnya Load atau tambahkan Brush Glassplitter yang sudah di download tadi kedalam Brush Preset Picker. Untuk cara menambahkan brush hasil download kedalam photoshop sobat bisa membacanya disini.... 

#11. Pilih brush Glassplitter tadi kemudian pastikan Forground berwarna putih. Lalu mulailah membuat efek kaca pecah berhamburan

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto

#12. Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah. Sobat perhatikan juga susunan Layernya. Silahkan sobat kreasikan bentuk pecahan kaca dan efek serpihan kaca seperti apa yang sobat inginkan.

Tutorial Efek Cahaya Photoshop pada Foto, efek lighting, contoh gambar abstrak, foto efek photoshop, efek foto listrik, brush cahaya, efek efek photoshop, photoshop efek, tutorial photoshop effect.


Selesai sudah tutorial cara membuat efek cahaya pada foto di photoshop. Jika sobat ingin mencoba tutorial lain tentang efek pecahan kaca sobat dapat membacanya di artikel berikut :



Semoga artikel ini dapat menambah ilmu sobat tentang cara membuat efek foto dengan photoshop. Terimakasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk berkomentar :)

Baca Juga :

Tag : efek lighting, contoh gambar abstrak, foto efek photoshop, efek foto listrik, brush cahaya, efek efek photoshop, photoshop efek, tutorial photoshop effect.


Portal StatistikTentang Aditya

Hanya ingin berbagi pengalaman yang saya punya tentang Nge-Blog, Desain Grafis, Edit Foto, dan Info menarik lainnya seputar komputer. Semoga informasi yang saya bagikan dapat bermanfaat.

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
fajar najmi
AUTHOR
29 June 2016 at 15:34 delete

mantap gan, izin bookmark ya buat dipraktekan :D

Reply
avatar