Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front dan Back Minus Front/Back pada CorelDRAW

Postingan ini telah diupdate tanggal 7 Juli 2019

Fungsi Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front dan Back Minus Front/Back pada CorelDRAW - Saat kita menggunakan CorelDRAW kita pasti akan sering menggunakan tool Weld, Trim, Intersect, dll untuk membuat shaping.

Shaping adalah teknik yang digunakan untuk membentuk objek yaitu menggabungkan (Weld), memotong (Trim, Intersect, Simplify, dll) pada dua objek atau lebih yang bersinggungan.

Shaping Tool dalam CorelDRAW terdiri dari Fungsi Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back, Back Minus Front, dan Create A New Object That Surrounds The Selected Objects.

Fungsi Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front dan Back Minus Front/Back pada CorelDRAW


Shaping Tool akan muncul apabila ada dua atau lebih objek yang kita seleksi dan saling bersinggungan (Lihat gambar di bawah). 

Fungsi Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front dan Back Minus Front pada CorelDRAW, cara menggunakan shaping tool, pengertian dan jelaskan fungsi shaping tool

Shaping Tool ini sangat sering saya gunakan jika saya sedang membuat gambar vector ataupun membuat objek dengan CorelDRAW. Seperti contoh jika sobat ingin belajar membuat gambar vector wajah maka sobat nantinya akan sering menggunakan tool ini. 
Untuk itu teknik ini sangat penting untuk sobat pelajari jika sobat ingin belajar membuat gambar ventor nantinya. 

Pada artikel ini saya sisipkan gambar gif atau gambar gerak pada penjelasan contoh penggunaandari masing-masing shaping tool tersebut agar sobat bisa lebih mudah memahaminya dan lebih menyenangkan, dan tentunya lebih hemat kuota ketimbang sobat menonton video tutorialny. Oke langsung saja kita mulai memahami fungsi dari shaping tool di CorelDRAW.


Weld 

Yang pertama ada Weld, fungsi Weld dalam CorelDRAW digunakan untuk menggabungkan 2 buah objek atau lebih menjadi satu. Berbeda dengan Group, jika Group hanya mengelompokan objek saja namun Weld menjadikan beberapa objek tersebut menjadi satu. 

Untuk cara penggunaanya kita lihat gambar dibawah...... 
Buat dua buah objek dengan menggunakan Ellipse Tool (F7), kemudian dekatkan atau tumpuk objek tersebut. Kemudian sobat klik icon Weld pada Property Bar.

Fungsi Weld pada CorelDRAW, belajar coreldraw x4, shaping tool

Contoh lain jika sobat menggunakan warna pada objek tersebut. Jika sobat menggunakan warna Biru (A) dan warna Ungu (B) kemudian sobat klik icon Weld kedua objek tersebut maka warna yang dihasilkan akan mengikuti objek terakhir yang sobat pilih. 

Tool  ini sering saya gunakan untuk membuat denah Lokasi untuk Cetak Undangan.

Trim 

Trim berfungsi untuk memotong sebuah objek dengan objek lain yang bersinggungan atau menempel pada objek tersebut. Cara kerjanya, objek pertama yang diseleksi atau dipilih akan memotong objek yang kedua. 

Cara penggunaanya kita lihat gambar berikut..... 
Buat dua buah objek dengan menggunakan Rectangle Tool (F6), kemudian dekatkan atau tumpuk objek A (Biru) ke objek B (Hijau) Kemudian klik Trim, makan objek kedua akan terpotong sesuai dengan bentuk objek A atau objek pertama yang diseleksi.

Fungsi  Trim pada CorelDRAW, belajar coreldraw x4, fungsi shaping tool, jelaskan fungsi shaping tool

Pada gambar diatas menunjukan bahwa objek yang pertama kali diseleksi akan memotong objek kedua yang diseleksi.


Intersect

Intersect diguanakan untuk membuat atau mendapatkan objek baru dari hasil persinggungan dari dua buah objek. Jadi kalau sobat membuat dua buah objek kemudian kedua objek tersebut sobat singgungkan atau tumpuk, dengan mengklik icon Intersect maka persinggungan objek tersebut akan menghasilkan objek baru. 
Cara penggunaanya.... 
Buat dua buah objek, kemudian dekatkan atau singgungkan dua objek tersebut. Klik Interect > Kemudian warnai objek baru pada garis singgung tersebut atau bisa dengan cara memisahkan kedua objek sebelumnya.

Fungsi Intersect pada CorelDRAW, belajar coreldraw x4, fungsi shaping tool coreldraw

Simplify 

Fasilitas ini hampir sama dengan Trim, namun bedanya pada Simplify objek yang di atas akan memotong objek yang dibawah tidak berpengaruh objek mana yang di seleksi duluan. 

Fungsi Simplify pada CorelDRAW, belajar coreldraw x4, cara menggunakan shaping tool corel


Front Minus Back dan Back Minus Front 

Front Minus Back digunakan untuk memotong objek yang paling atas dengan menggunakan objek yang dibawahnya. Pada penggunaanya, objek yang digunakan untuk memotong akan langsung hilang. 

Sedangkan Back Minus Front digunakan untuk memotong objek yang paling bawah. Dan Objek yang digunakan untuk memotong juga akan langsung hilang. 

Cara Penggunaanya.... 
Buat dua atau lebih objek kemudian singgungkan objek-objek tersebut. Lalu sobat klik Front Minus Back ataupun Back Minus Front, maka objek akan terpotong sesuai dengan bentuk objek pemotongnya. 

Fungsi  Front dan Back Minus Front pada CorelDRAW, belajar coreldraw x4, fungsi dan cara menggunakan shaping tool coreldraw


Create A New Object That Surrounds The Selected Objects 

Digunakan untuk menghasilkan objek baru dari penggabungan dua objek atau lebih. Fungsinya hampir sama dengan Weld, bedanya jika sobat menggunakan Weld maka objek yang sobat Weld akan menjadi satu dan objek sebelumnya akan hilang. 

Sedangkan jika sobat menggunakan Create A New Object That Surrounds The Selected Objects, maka akan membuat objek baru sesuai dengan objek yang sobat singgungkan tadi. 

Cara Penggunaanya... 
Buat dua atau lebih objek kemudian sobat klik Create A New Object That Surrounds The Selected Objects. Maka akan terbentuk sebuah objek baru dengan Out Line saja.

Fungsi dan caramenggunakan Fungsi Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front dan Back Minus Front pada CorelDRAW pada CorelDRAW, belajar coreldraw x4, fungsi dan cara menggunakan shaping tool coreldraw x4


Nah itu tadi penjelasan tentang fungsi Trim , Weld, Simplify, Front Minus Back dan Back Minus Front, dan Create A New Object That Surrounds The Selected Objects yang penting untuk sobat pelajari jika sobat ingin belajar CorelDRAW. 

Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, jika akan kendala ataupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. Akan kami balas secepatnya. Jangan lupa untuk Share dan Terimakasih............
Tag : belajar coreldraw, fungsi shaping tool, apa itu shaping dalam coreldraw, simplify coreldraw, fungsi weld, fungsi trim, belajar corel draw x4, tutorial corel draw x4 , cara menggunakan corel draw x4, materi corel draw, cara intersect di coreldraw, 

6 comments for "Fungsi Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front dan Back Minus Front/Back pada CorelDRAW"

  1. TQTQTQTQTQTQTQTQTQTQTQTQTTQTQT |o|

    ReplyDelete
  2. baru pertama nemu blog yang kyak gini, mudah bnget memahaminya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas tanggapan dan kunjungannya. Semoga saya bisa membat artikel yang jauh lebih bermanfaat lagi.

      Delete

Berkomentarlah yang baik. Jangan SPAM atau meninggalkan link aktif di dalam komentar.