Fungsi PowerClip

Apa itu PowerClip dan Bagaimana Menggunakannya??

Fungsi PowerClip Dalam CorelDRAW - PowerClip adalah sebuah fasiitas CorelDRAW yang digunakan untuk memasukan sebuah objek vektor atau bitmap ke dalam suatu objek yang lain yang disebut container. Hasil dari fungsi ini adalah ada sebuah objek didalam objek. Fungsi inin sangat penting dalam memanipulasi atau memperindah sebuah desain. Contoh hasil dari penggunaan PowerClip tersebut bisa sobat lihat dalam gambar diatas.
cara menggunakan powerclip, apa itu powerclip, pengertian powerclip

Cara menggunakannya :

1. Penerapan efek PowerClip ini harus ada dua objek, objek pertama sebagai isi (content) sedangkan objek yang kedua kita gunakan sebagai objek penampung atau countainer. Objek pertama (content) nanti akan kita masukan kedalam objek kedua (container).


2. Buat sebuah tulisan yang akan kita buat menjadi Countainer. Kemudian tekan CTRL + Q untuk mengubahnya menjadi kurva.

teks efek powerclip

3. Impor sebuah gambar dengan cara, tekan CTRL + I. Klik objek yang baru kita impor tadi lalu Pilih menu Effects - PowerClip - Place Inside Container.

menu powerclip dan cara menggunakannya

4. Setelah gambar kursor berubah menjadi gambar panah ke arah kanan, klik objek yang akan kita jadikan Countainernya atau wadah penampungnya.

cara memasukan objek gambar ke gambar lain

 5. Untuk mengedit letak dan posisi gambar (content) di dalam Countainer, pilih menu Effects - PowerClip - Edit Countainer. Jika dirasa posisi gambarnya sudah tepat, klik menu Effects - PowerClip - Finish Editing This Levels.


6. Sampai sini sudah selesai Efek PowerClipnya. Tapi biar desainnya lebih optimal kita beri efek Out Linenya pada tulisan tadi.


7. Klik objek tulisan tadi, kemudian tekan F12. Disitu ada macam-macam pilihan settingnya.
Color : adalah pilihan warna Out Linenya,
Width : adalah besar atau ketebalan garis luarnya/Out Line,
Corners : adalah bentuk titik sudutnya,
Behind Fill : adalah letak Out Linenya di belakang objek atau di depan.
Sobat bisa mengikuti settingan saya, jika Out Line sobat terasa terlalu tebal bisa sobat sesuaikan sendiri poinnya. Setelah itu klik ok.

cara setting teks out line di coreldraw

Hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar dibawah.
contoh powerclip, cara menggunakan powerclip, cara mudah belajar coreldraw, memahami fungsi powerclip

Nah itulah fungsi PowerClip dalam CorelDRAW, dengan fasilitas ini sobat bisa menempatkan sebuah objek kedalam objek yang lain untuk membuat tampilan desainyang lebih menarik lagi. Terimakasih sudah berkunjung, dan jika menurut sobat artikel ini dapat bermanfaat untuk orang lain silahkan sobat share link tutorial ini.

Baca Juga :

Tag : Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia, desain grafis, belajar desain untuk pemula, dasar corelDRAW.


Portal StatistikTentang Aditya

Hanya ingin berbagi pengalaman yang saya punya tentang Nge-Blog, Desain Grafis, Edit Foto, dan Info menarik lainnya seputar komputer. Semoga informasi yang saya bagikan dapat bermanfaat.

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Adityadr
AUTHOR
20 June 2016 at 00:07 delete

harus lebih banyak belajar ttg corel lg nih, nice gan

Reply
avatar