Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop

Tutorial Membuat Desain Mockup Buku di Photoshop

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop - Di artikel sebelumnya sudah kita bahas bagaimana cara membuat desain cover buku dengan DorelDRAW. Dari kelanjutan artikel sebelumnya, sekarang kita akan membuat mockup dari desain cover buku tersebut.

Pengertain Mockup 

Mockup adalah sarana seorang desainer untuk menunjukan hasil desain jika di aplikasikan di media publikasi. Dalam hal ini adalah cover buku, maka mockup yang kita buat adalah mockup cover buku, sebuah desain cover buku yang kita gambarkan bagaimana hasil desain kita jika telah dibuat menjadi buku. 


Jika sobat mengikuti artikel sebelumnya dari blog ini tentang membuat desain cover buku, maka saat ini kita akan melanjutkan pelajaran kita kemarin. Bagi sobat yang belum membaca tutorial sebelumnya, silahkan sobat baca :



Kita mulai belajar membuat mockupnya :

#1. Buka Adobe Photoshop sobat, disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3. Kemudian open file template mockup bukunya. Sobat bisa mendapatkan template mockup cover buku secara gratis di pencarian gambar google. Sobat juga bisa menggunakan template mockup yang saya gunakan berikut.

Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia, Komunitas Pecinta Desain Grafis, Cara membuat desain mockpup, contoh mockup, belajar corelDRAW untuk menengah dan pemula, mockup desain, mockup desain psd, mockup desain adalah, mockup design tutorial, tutorial membuat mockup, design mockup photoshop, cara mudah membuat desain mockup, cara mudah membuat desain mockup buku di photoshop, mockup buku keren, template mockup buku, bagaimana cara membuat mockup di photoshop.

#2. Selanjutnya kita buat kotak putih untuk di tempatkan desain cover buku kita nanti, tujuannya membuat kotak ini adalah agar nantinya waktu kita menempelkan desain cover buku kita ke mockup bukunya akan lebih terlihat rapi.

Buat layer baru dengan cara menekan CTRL + SHIFT + N di keyboar. Atau bisa juga dengan mengklik Crate a New Layer.

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop

#3. Pilih Pen Tool (P) , mulailaha membuat garis patch dengan cara mengklik titik awal pada template bukunya. Kemudian klik di titik kedua, maka akan membuat sebuah garis patch.


Untuk membuat garis melengkungnya, pada saat sobat mengklik ke garis kedua pada garis yang akan sobat buat melengkung, sobat tahan kliknya, kemudian coba sobat geser pointer mousenya, maka dia akan membuat garis lurus menjadi melengkung atau berbelok .Lakukan hingga membentuk garis patch yang mengelilingi template cover bukunya.

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop, fungsi pen tool dan cara menggunakannya

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop, cara menggunakan pen tool di photoshop

#4. Setelah selesai, klik kanan pada garis patch tadi kemudian pilih Make Selection.




Pada settingannya Feather Radius 0 pixels - klik ok.

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop

#5. Pilih Paint Bucket Tool (G), atur warna Forgroundnya denga warna putih. Lalu warnai area seleksi dengan Paint Bucket Tool (G) tadi.

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop, cara dan fungsi paint bucket tool di photoshop

#6. Sekarang Layer 2 menjadi objek putih yang nantinya akan kita tempatkan desain cover buku Sekarang buka desain cover buku sobat, jika sobat belum membuat desainnya, sobat bisa belajar membuat desain cover buku dengan coreldraw pada artikel sebelumnya :


Klik File - Open atau bisa dengan cara menekan CTRL + O di keyboard. Masukan desain cover yang sudah sobat buat tadi.

#7. Pada gambar cover buku, sobat pilih Rectangular Marquee Tool (M). Seleksi bagian depan cover bukunya dengan tool tadi.

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop, cover buku website, desain web, cara membuat mockup buku

#8. Tekan CTRL + J untuk menduplicate objek yang terseleksi tersebut.

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop

#9. Lalu drag layer hasil dupllicate tadi ke gambar template mockup tadi.

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop, cara mendrag gambar di photoshop, cara memindahkan gambar satu ke gambar lain di photoshop

#10. Perhatikan susunan layernya. Kemudian kecilkan Opacity layer Desain Cover sebesar 40%.

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop

#11. Pilih Menu Edit - Free Transform (CTRL + T). Sambil menekan CTRL, aturlah bentuk dan posisi desain cover bukunya mengikuti template mockup bukunya. Klik titik sudut, kemudian samakan dengan sudut template mockupnya, kemudian tekan ENTER.

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop, setting mockup di phosothop

#12. Kembalikan Opacity Layer Desain Covernya ke 100% lagi. Biar keliatan rapi dan desainnya gak nampak keluar dari template mockupnya kita buat desain cover tadi bentuknya mengikuti kotak putih yang sudah kita buat di awal tadi.


Tekan Alt kemudian klik diantara layer 2 dan layer desain cover.

Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop, cara membuat gambar satu masuk ke gambar lain di photoshop

#13. Sampai sini sudah selesai cara membuat mockup desain cover buku. Pada bagian tengah buku bisa sobat tambahkan sedikit efek bayangan atau bisa juga sobat berikan warna. Tapi kalau sobat ingin tetap mengunakan desain warna dasar dari template mockupnya gak perlu di kasih apa-apa lagi.

desain mockup keren di photoshop,  Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia, Komunitas Pecinta Desain Grafis, Cara membuat desain mockpup, contoh mockup, belajar corelDRAW untuk menengah dan pemula, mockup desain, mockup desain psd, mockup desain adalah, mockup design tutorial, tutorial membuat mockup, design mockup photoshop, cara mudah membuat desain mockup, cara mudah membuat desain mockup buku di photoshop, mockup buku keren, template mockup buku, bagaimana cara membuat mockup di photoshop.

Baca : Tutorial Cara Membuat Desain Tipografi dengan CorelDRAW

Tag : Komunitas Pengguna CorelDRAW Indonesia, Komunitas Pecinta Desain Grafis, Cara membuat desain mockpup, contoh mockup, belajar corelDRAW untuk menengah dan pemula, mockup desain, mockup desain psd, mockup desain adalah, mockup design tutorial, tutorial membuat mockup, design mockup photoshop, cara mudah membuat desain mockup, cara mudah membuat desain mockup buku di photoshop.

Post a Comment for "Cara Membuat Mockup Cover Buku di Photoshop"