Cara Agar Catridge Printer Canon Awet Digunakan Untuk Mencetak Undangan atau Dokumen

Cara Agar Catridge Printer Canon Awet Digunakan Untuk Mencetak Undangan atau Dokumen

Cara Agar Catridge Printer Canon Awet Digunakan Untuk Mencetak Undangan atau Dokumen - Salah satu masalah tersebesar yang saya atau mungkin sebagian besar orang diluar sana saat menggunakan printer tipe canon adalah Catridge yang mudah rusak.

Mungkin hanya perasaan saya atau memang faktanya, Catridge canon saat ini lebih cepat sekali rusak atau habis masa pakainya daripada beberapa tahun yang lalu.

Sebenarnya saya pribadi lebih menyarankan atau memilih printer tipe epson jika ingin awet untuk digunakan mencetak undangan.

Tetap saja, kedua tipe printer ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal tersebut sudah pernah saya bahas pada postinga sebelumnya, silahkan kamu baca untuk menjadi pertimbangan memilih printer
Di kesempatan kali ini saya akan berbagi tips atau pengalaman pribadi cara agar Catridge printer canon kamu lebih awet saat digunakan, terutama untuk mencetak undangan.


1. Jangan Gunakan Infus Rakitan

Yang pertama ini lebih mempertimbangkan masalah biaya. Mungkin salah satu faktor yang menjadi pertimbangan untuk memilih printer Canon untuk mencetak undangan adalah masalah biaya.

Sebab, merek printer ini harganya sangat terjangkau. Kamu bisa mendapatkan printer tipe canon dengan harga Rp.600.000 saja.

Mengapa saya sarankan untuk jangan menggunakan infus rakitan adalah keamanan dan biaya. Sebab infus rakitan ini terkadang pemasangannya kurang tepat, dan sering terjadi udara masuk ke selang dalam infus atau sering disebut masuk angin.

Dan lagi, biasanya pemasangan infus ini akan dikenakan tambahan biaya Rp.100.000. Saran saya, daripada digunakan untuk menambah biaya infus lebih baik digunakan untuk membeli serep Catridge hitam saja. Karena Catridge hitam paling sering cepat rusak, walaipun faktor pemakaian sangat mempengaruhi.

2. Berikan Jeda Saat Mencetak

Berikutnya, adalah memberikan jeda saat mencetak. Jika kamu sedang mencetak undangan atau dokumen lebih baik berikan waktu jeda saat mencetak atau print. Misalnya cetak blangko undangan, lebih baik print terlebih dahulu 25 lembar, beri jeda 30-60 detik baru kemudian mulai lagi.

Hal ini berguna agar Catridge tidak cepat panas dan tinta tidak banjir.

3. Gunakan Font Ramping

Untuk mencetak undangan, lebih baik gunakan font yang ramping, jangan gunakan jenis font yang tebal seperti font Lobster.

4. Jangan Mencetak Dominan Satu Warna

Jangan mencetak teks yang dominan satu warna terutama warna hitam. Sebab Catridge warna hitam paling mudah habis masa pakainya atau rusak.

Catridge warna pun sama. Jika kamu dominan mencetak dokumen atau teks undangan yang dominan di satu warna seperti kuning, maka warna kuning pada Catridge kamu akan menjadi lebih cepat rusak.

Jadi lebih baik gunakan teks warna yang seimbang.

5. Jangan Mencetak Warna Hitam Terlalu Banyak

Jika salah satu warna pada Catridge warna yang bermasalah Catridge kamu masih bisa digunakan. Kamu bisa mencetak teks undangan pada blangko undangan dengan tidak membuat desain yang mencetak warna yang rusak pada Catridge printer kamu.

Akan tetapi lain halnya dengan tinta hitam, jika kamu mencetak bagian rambut, maka kamu tetap harus menggunakan Catridge hitam.

Lebih baik gunakan warna lain pada saat mendesain mukodimah atau format undangan.

6. Rutin Gunakan Printer

Jarang menggunakna printer juga tidak baik untuk umur Catridge kamu. Sebaiknya gunakan minimal 2 hari sekali jika memang lagi sepi cetakan. Akan lebih baik setiap hari gunakan untuk mencetak semua warna walaupun hanya sedikit.

7. Gunakan Tinta Yang Tepat

Jangan asal menggunakan tinta. Mungkin karena kamu berpikir dari sisi ekonomi maka kamu memilih tinta yang murah. Akan tetapi, tinta dengan kualitas buruk bisa membuat umur Catridge kamu menjadi semakin pendek. Saya pribadi menggunakan tinta Blue Print.

8. Cetak Jenis Undangan Yang Tepat

Poin ini juga merupakan bagian yang sangat penting. Jika kamu mencetak undangan dengan printer canon, lebih baik kamu menggunakan kertas blangko.

Jika kamu ingin mencetak undangan dengan desain sendiri, lebih baik buat desain yang tidak terlalu memakan banyak warna, apalagi sampai full color, sangat tidak disarankan.

Solusi untuk kamu yang ingin mencetak undangan dengan desain sendiri lebih baik gunakan tipe kertas BC atau kertas jasmine. Contohnya bisa kamu lihat pada halaman berikut :
Jangan gunakan kertas art paper jika kamu masih menggunakan tinta standar. Kertas art paper hanya bisa dicetak menggunakan tinta kusus art paper.

9. Gunakan Settingan Color Only

Langkah terakhir jika Catridge Hitam kamu sudah tidak bisa digunakan lagi ialah dengan menggunakan settingan Color Only pada printer kamu.

a. Pergi ke Start > Device and Printers

b. Kemudian klik kanan pilih Printer Properties pada printer yang kamu gunakan.

c. Pilih Tab Maintenance kemudian pilih Ink Catridge Settings. Lalu pada Ink Catridge pilih Color Only.



Walaupun warna yang dihasilkan tidak hitam atau menjadi abu-abu, cara ini menjadi jalan terakhir jika kamu masih ingin bertahan dengan catrid yang sudah habis masa pakainya.


KESIMPULAN

Printer canon (standar harga dibawah satu jutaan) memang memiliki kelemahan pada catridgenya. Catridge canon memang ada masa pakainya, jadi walaupun kamu sudah merawat sebaik mungkin, jika jumlah cetakan sudah mencapai batas catrid tersebut maka memang catridge harus diganti.

Cara yang bisa kita lakukan adalah membuatnya menjadi lebih awet dari masa pakai seharusnya. Karena standar pabrik, jika tinta pada catridge sudah habis maka harus diganti dan tidak disarankan untuk direfill.

Karena mengingat biaya, maka jika masih bisa digunakan sebaiknya kita refill tinta Catridge tersebut.

Demikian pengalaman dan tips yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

0 Response to "Cara Agar Catridge Printer Canon Awet Digunakan Untuk Mencetak Undangan atau Dokumen"

Post a comment

Berkomentarlah yang baik. Jangan SPAM atau meninggalkan link aktif di dalam komentar.

Iklan Tengah Artikel 1