Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

EPSON atau Canon Untuk Cetak Undangan? Simak Kelebihan dan Kekurangannya!

EPSON atau Canon Untuk Cetak Undangan? Simak Kelebihan dan Kekurangannya - Assalamu'alaikum, alhamdulillah kali ini ada waktu buat sharing-sharing lagi. Kali ini yang ingin saya bahas adalah tentang printer yang digunakan untuk mencetak undangan.

EPSON atau Canon? mana yang lebih baik??

Saya pribadi mengatakan keduanya sama-sama baik. Tergantung kegunaan atau kebutuhan kita dalam menggunakannya.

Saya sendiri pertama kali membuka jasa cetak undangan menggunakan printer Canon karena harganya yang terjangkau bagi saya yang masih merintis usaha cetak undangan.

Kemudian setelah memiliki dana yang cukup, maka saya memutuskan untuk membeli printer merek EPSON. Saya membeli printer EPSON awalnya bukan untuk digunakan mencetak undangan, melainkan untuk jasa cetak foto.

Akan tetapi, berhubung saya membutuhkan printer yang lebih untuk mencetak undangan agar pekerjaan cepat selesai, maka saya akhirnya menggunakan printer EPSON saya tersebut untuk cetak foto dan juga undangan.


Saran saya si lebih baik sobat gunakan printer EPSON hanya untuk cetak undangan jika sobat ingin fokus ke cetak undangan. Agar hasil cetakannya tetap terjaga.

Disini saya akan membahas point-point apa saja yang menjadi pertimbangan dalam menentukan memilih printer EPSON atau Canon jika akan kita gunakan untuk usaha cetak undangan skala rumahan.

Baiklah, silahakn sobat simak ulasannya berikut ini........

EPSON atau Canon Untuk Cetak Undangan? Simak Kelebihan dan Kekurangannya!

Kelebihan dan Kekurangan Printer EPSON untuk Cetak Undangan

Yang pertama akan kita bahas adalah printer merek EPSON. Printer merek EPSON ini terkenal dengan ketajaman gambarnya dalam hal cetak foto.

Akan tetapi tidak sedikit juga yang menggunakan printer ini untuk keperluan lain seperti print dokumen.

Apa saja kelebihan dan kekurangan printer merek EPSON ini jika digunakan untuk mencetak undangan?

Berikut ulasannya..............

Kelebihan Printer EPSON untuk Cetak Undangan

  • Printer ini memiliki ketahan printhead yang baik.
    Jadi, jika sobat menggunakan printer ini untuk mencetak ribuan undangan sekaligus tidak akan bermasalah.

    Tetapi tetap harus memperhatikan kemampuan tipe printer yang sobat pakai. Dan berikan waktu istirahat yang cukup.

    Jika sobat menggunakan printer Canon, mencetak puluhan ribu undangan pasti catrid sudah tidak bagus hasil cetaknya. Dan harus diganti dengan yang baru.

    Printer EPSON mampu mencetak puluhan ribu kali dan kualitas masih tetap terjaga.

    Hal ini membuat saya tidak kawatir jika harus mencetak undangan dengan warna yang cukup banyak dalam desain undangannya.

  • Mencetak  dalam waktu yang cukup cepat.
    Jika dibandingkan dengan printer Canon, printer epson ini lebih cepat dalam proses mencetak.

  • Kemudahan dalam hal tinta
    Kemudahan disini diantaranya adalah sistem isi tinta ink tank atau tabung tinta bawaan dari pabrik. Untuk printer epson keluaran sekarang L series biasanya, rata-rata sudah dilengkapi dengan pengisian tinta Ink Tank jadi lebih memudahkan sobat dalam memantau dan mengisi ulang tinta.

  • Tinta Lebih Irit
    Saya merasakan sendiri,menggunakan printer merek EPSON sangat irit tinta. Apalagi untuk cetak undangan yang sebagian besar kita hanya mencetak teks saja (menggunakan blanko undangan)

Kekurangan Printer EPSON untuk Cetak Undangan

  • Kualitas cetak kurang tajam/baik
    Tunggu dulu, memang EPSON memiliki kemampuan cetak gambar yang sangat baik dibandingkan dengan printer Canon (dalam tipe standar).

    Akan tetapi, untuk mencetak undangan tentunya kita menggunakan pengaturan cetakan standar, bukan kualitas cetak foto.

    Yang saya perhatikan dan alami, jika mencetak menggunakan printer EPSON kualitas gambar atau teks kurang tajam, yaitu agak berbintik-bintik.

    Jika kita mencetak hanya teks saja, dimana biasanya kita menggunakan blanko undangan tentu hal ini tidak menjadi masalah. Akan tetapi lain halnya jika kita mencetak undangan dengan menyisipkan gambar atau foto di dalamnya.

    Hal ini memang masih bisa diatasi dengan cara menaikkan sedikit kualitas cetakan. Tapi tentunya akan membuat printer bekerja lebih ekstra dan tinta lebih banyak keluar.

  • Kertas Sering tidak tertarik ke printer
    Bagi sobat yang menggunakan printer EPSON masalah ini tentunya sering sobat alami jika sobat menggunakna jenis kertas yang lebih tebal dari biasanya.

    Hal ini juga sering terjadi jika sobat mencetak menggunakan jenis kertas undangan yang beragam. Sering sekali jenis kertas tertentu sangat sulit masuk ke roller printer dan dicetak.

    Ini sangat menggangu pekerjaan kita. Karena mencetak undangan jenis yang kita gunakan beragam teksturnya dan ketebalan kertasnya.

    Untuk kertas dengan gramatur yang tebal di atar 230gr akan sangat sulit bahkan hampir tidak bisa dicetak menggunakan printer EPSON L series seperti L310.




Kelebihan dan Kekurangan Printer Canon untuk Cetak Undangan

Selanjutnya kita bahas printer Canon. Dulu waktu pertama kali saya memulai membuka jasa cetak undangan saya menggunakan printer Canon tipe MP237.

Dulu harganya sekitar Rp.700.000 dan sekarang printer canon tipe ini sudah tidak ada lagi. Saya memilih printer ini karena selain bisa gunakan untuk mencetak juga bisa digunakan untuk scan (printer multyfungsi).

Pengalaman saya menggunakan printer Canon saya catat beberapa kekurangan dan kelebihannya berikut ini :

Kelebihan Printer Canon untuk Cetak Undangan

  • Kualitas Cetak Tajam
    Dalam pengaturan cetak standar, printer Canon dapat mencetak teks atau gambar dengan kualitas baik dan tajam.

    Berbeda dengan Printer EPSON yang sudah saya bahas sebelumnya tadi, bahwa hasil cetak kualitas standarnya agak berbintik-bintik.Printer merek

    Canon sangat cocok untuk mencetak undangan dengan tema warna yang lebih ramai dan dengan disisipkan foto.

  • Harga lebih murah
    Jika sobat memiliki dana yang terbatas dan ingin mencetak undangan dengan banyak printer. Printer canon ini bisa menjadi solusi.

    Karena jika sobat hanya memiliki satu atau dua printer saja, maka akan memakan waktu lumayan lama untuk menyelesaikan ribuan undangan.

    Printer Canon paling murah yang saya tahu harganya sekitar Rp.600.000. Jika sobat memiliki dana 2 juta maka sobat dapat membeli 3 buah printer canon tipe IP2770.

    Sedangkan jika sobat membeli printer EPSON sobat hanya bisa mendapatkan 1 unit saja (Printer Epson L series).

    3 Unit printer sekali kerja akan sangat cepat. Dan tidak terlalu membuat printer bekerja terlalu keras.

  • Harga spare part lebih murah
    Jika catrid rusak maka sobat hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp.200.000 - Rp250.000 untuk satu catrid hitam atau warna.

    Bandingkan dengan harga print head printer EPSON L series yang harganya hingga jutaan rupiah.

Kekurangan Printer Canon untuk Cetak Undangan

  • Catrid Cepat Rusak
    Ini yang menjadi kenda utama jika menggunakan printer Canon Catrid. Yang sering saya alami catrid cepat rusak jika kita terus-terusan menggunakan untuk mencetak.

    Walaupun harga catrid yang lebih murah daripada printhead EPSON, tentu saja ini bisa memperbesar pengeluaran dan biaya cetak.

    Terutama catrid warna hitam. Jadi saran gunakan desain yang minim warna hitamnya.

  • Printer Sering Bermasalah
    Hal lain jika sobat menggunakan printer Canon untuk mencetak skala besar biasanya akan terjadi error pada printer seperti contoh Error 5B00 dan 1700 Muncul gambar Cat Tumpah.

    Jika sobat menggunakan printer Canon saya rasa sobat sering mengalami hal ini. Untuk sobat yang bisa mengotak atik sendiri printernya hal ini tidak akan menjadi masalah besar. Tetapi jika sobat tidak terbiasa mengatasi hal tersebut, tentu akan menghambat proses pengerjaan undangannya.

Kesimpulan Memilih Printer EPSON atau Canon untuk Cetak Undangan

Masuk kepada kesimpulan Printer EPSON atau Canon yang akan dipilih jika akan digunakan untk cetak undangan. Dari beberapa ulasan di atas tadi saya menyimpulkan beberapa poin-poin yang bisa menjadi pertimbangan sobat dalam memilih printer nantinya.

  • Pilih EPSON jiga sobat mencetak undangan blanko dan mencetak undangan dengan warna yang lebih padat. Memang pada hasli cetakan standar akan terlihat bintik-bintik pada hasil cetakan, tetapi jika sobat meningkatkan kualitas cetakan seperti gambar di bawah:

    EPSON atau Canon Untuk Cetak Undangan? Simak Kelebihan dan Kekurangannya!

  • Pilih EPSON jika sobat memiliki dana yang cukup. Karena printer ini harganya rata-rata di atas 1 juta, maka sobat membutuhkan dana yang lumayan banyak untuk mendapatkan 2 atau lebih unit printer EPSON.

  • Pilih EPSON jika sobat ingin biaya cetak yang jauh lebih irit dan biaya ganti sparepart yang minim. Karena printer ini jarang sekali ganti Printhead kalau tidak benar-benar sudah dipakai lama atau bekerja puluhan ribu atau ratusan kali mencetak.

  • Pilih Canon Jika sobat menginginkan hasil cetakan yang tajam pada pengaturan cetak standar.

  • Pilih Canon Jika sobat memiliki dana yang terbatas dan ingin menggunakan unit printer lebih dari 2 atau 3 unit. Jika sobat memiliki dana 2juta, itu hanya bisa membeli 1 unit printer epson. Tetapi sobat bisa membeli 3 unit printer Canon dengan dana yang sama

  • Pilih Canon Jika sobat tidak ingin mengalami kendala kertas tidak tertarik oleh printer. Jika sobat ingin menggunakan jenis kertas yang beragam atau dengan ketebalan di atas 190gr maka sobat bisa menggunakan printer jenis Canon.

    Karena jika sobat menggunakan EPSON, sobat pasti akan mengalami kendala pada saat proses cetak undangan, yaitu printer tidak mau menarik kertas. 

EPSON maupun Canon keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi sobat tinggal tentukan pilihan menurut kebutuhan saja.

Saran saya jika sobat ingin menggunakan blanko undangan untuk usaha cetak undangannya sebaiknya pilih printer yang bisa untuk scan, karena sobat akan membutuhkan scaner untuk prose setting undangannya.

Mau memilih printer yang memiliki fungsi scan atau memilih membeli scaner yang terpisah itu tergantung keputusan sobat.
Nah itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Printer EPSON dan Canon jika digunakan untuk mencetak undangan.

Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan komentar. Wassalamualaikum........

Baca Juga : Cara Agar Catridge Printer Canon Awet Digunakan Untuk Mencetak Undangan atau Dokumen

Tag : undangan erba, cetak undangan, printer cetak undangan, printer murah untuk cetak undangan, model printer cetak undangan rumahan, kelebihan dan kekurangan printer epson dan canon, belajar usaha cetak undangan.

Post a Comment for "EPSON atau Canon Untuk Cetak Undangan? Simak Kelebihan dan Kekurangannya!"