Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kompress File Pdf Dibawah 200KB Tanpa Aplikasi

Cara Kompress File Pdf Dibawah 200KB Tanpa Aplikasi

Cara Kompress File Pdf Dibawah 200KB Tanpa Aplikasi - Saat ini bertepatan dengan pembukaan penerimaan CPNS pastinya banyak sekali teman-teman yang sedang menyiapkan berkas-berkas untuk persyaratan CPNS. Dan salah satu persyaratan yang harus dipersiapkan adalah berkas atau dokumen dalam bentuk Pdf.

Dari tahun ke tahun pasti berkas dalam bentuk Pdf yang selalu diminta atau dibutuhkan. Cara mengubah file menjadi Pdf sudah pernah saya share di tutorial sebelumnya, silahkan sobat baca jika belum membacanya :


Jika hanya mengubah file berupa JPEG atau Word ke Pdf saja itu pekerjaan yang sangat mudah. Akan tetapi, menjadi sebuah kendala atau kesulitan tersendiri jika ukuran file Pdf tersebut harus berada di bawah 200kb atau lebih rendah lagi bahkan.

Jika kamu menguasai program Photoshop ini bisa diselesaikan dengan mudah jika berkas tersebut hanya terdapat satu lampiran di dalam file pdf tersebut. Tetapi, jika di dalam file Pdf tersebut terdapat beberapa lampiran, itu akan merepotkan jika menggunakan Photoshop untuk mengecilkan size dokumen Pdf tersebut

Saya yakin sebagian besar dari sobat yang ingin melamar CPNS kurang menguasai program Photoshop, bukan kerana apa, akan tetapi mungkin sebagian besar bukan disitu bidang teman-teman. Untuk itu cara yang saya bagikan ini bisa digunakan untuk siapa saja.

Di postingan sebelumnya yang saya bagikan linknya di atas saya juga menjelaskan bagaimana cara mengkompres file Pdf. Tetapi, rata-rata size yang dikompress masih kurang dibawah 200Kb. Cara yang saya share sebelumnya hanya bisa membantu untuk file Pdf yang tedapat satu lampiran saja di dalamnya.

Untuk file Pdf yang terdapat banyak lampiran atau berkas di dalamnya, pasti size file Pdf itu akan membengkak atau besar.

Nah, ukuran file yang melebihi 200Kb tidak akan bisa diupload pada saat pendaftaran CPNS. Oleh karena itu kamu harus mengkompress size file pdf kamu hingga dibawah 200kb.

Bagi kamu yang sudah pusing dan kesana kesini menggunakan situs kompress file tetapi tidak kunjung berkurang juga size pdf nya dibawah 200kb, berikut ini cara mengkompress file pdf dibawah ukuran 200kb bahkan bisa lebih kecil.



1. Buka Situs www.pdfaid.com

Banyak situs yang menyediakan fasilitas untuk mengkompress file pdf. Akan tetapi dari sekian banyak situs tersebut masih kurang maksimal. Kalaupun ada yang bisa mengkompress ukuran file pdf menjadi jauh lebih kecil dari ukuran semula, biasanya fasilitas tersebut tersedia untuk premium dan bukan untuk free.

Dan lagi, untuk mengkompress file di situs-situs pada umumnya dilakukan secara otomatis. Jadi kita tidak bisa menentukan berapa persen file Pdf kita akan dikompress.

Nah di situs www.pdfaid.com kamu bisa mengatur kompress file pdf mau berapa persen. Silahkan sobat klik link berikut  www.pdfaid.com


2. Pilih File Pdf yang Akan Dikompress

Pada Step 1 Select Pdf File.

Cara Kompress File Pdf Dibawah 200KB Tanpa Aplikasi


3. Mengatur Persentasi Kompress File

Atur Berapa Persen Gambar Dalam File Pdf Akan Dikompress. Secara Default settingan kompress file pdf adalah 50%

Color Image Quality (in %) : 50
Grey Images Quality (in %) : 50
Monochrome Image Quality (in %) 50:

Akan tetapi, jika hasil akhir yang kamu dapatkan pada saat mengkompress dengan settingan ini file pdf masih berukuran di atas 200kb atau melebihi ukuran yang kamu inginkan, maka kurangi lagi persentasenya.

Tetapi perlu diingat, semakin kecil persentase gambar yang dikompress, maka akan semakin turun juga kualitas gambar.

Jadi perlu kamu ingat, usahakan hasil dari kompress file ini, gambar dalam file Pdf masih bisa terlihat atau terbaca.

Cara Kompress File Pdf Dibawah 200KB Tanpa Aplikasi


4. Kompress Pdf

Langkah selanjutnya, setelah kamu mengatur persentase kompress file, silahkan kamu klik tombol COMPRESS PDF maka file pdf kamu akan dikompress. Tunggu hingga beberapa saat muncul popup pilihan download file.

Cara Kompress File Pdf Dibawah 200KB Tanpa Aplikasi


5. Download File Pdf

Klik tombol download Pdf, maka akan terbuka jendela baru.

Cara Kompress File Pdf Dibawah 200KB Tanpa Aplikasi


Setelah itu kamu klik tombol download yang berada di pojok kanan atas browser kamu.

Cara Kompress File Pdf Dibawah 200KB Tanpa Aplikasi


Pilih dimana kamu akan menyimpan file tersebut kemudian klik save.

Kesimpulan dan Catatan

Situs ini hanya bisa mengkompres file Pdf yang bersumber dari Image atau gambar bukan dari file word terus diubah menjadi Pdf.

File Pdf hasil scan bisa dikompress dengan situs ini hingga berukuran dibawah 100kb.

Untuk file Pdf yang sobat buat dari file word bisa sobat kompress menggunakan beberapa situs berikut :



Sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar serta like fanspage Blog ini untuk mendapatkan artikel menarik lainnya. Terimakasih

Baca Juga :



Tag : cara kompress file pdf menjadi kecil, cara kompress file pdf sesuai ukuran yang diiinginkan, cara kompress file pdf menjadi 300kb dan 200 kb, cara kompress file pdf yang isinya gambar.

Post a Comment for "Cara Kompress File Pdf Dibawah 200KB Tanpa Aplikasi"