Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap

Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap


Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap - Dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan, tidak akan bisa lepas dengan hal-hal yang berkaitan dengan dokumen.

Dalam sebuah pekerjaan biasanya kita menggunakan Microsoft Office Word untuk mengolah dokumen. Jadi, menguasai software Office saat ini menurut saya sudah menjadi suatu kewajiban.

Banyak sekali faktor yang membuat kita harus mengubah file yang kita kerjakan di Microsoft Office word dan jenis file lain kedalam bentuk Pdf.

Apa itu PDF? Pengertian PDF (Portable Document Format) adalah jenis format dokumen atau berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993.

Awalnya format ini digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital, namun sekarang format PDF juga banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vector dan citra.

Tak hanya itu saja, Adobe System Inc kini juga mengembangkan program Acrobat 3-D berupa kemampuan PDF untuk membaca dokumen tiga dimensi. Kini PDF sudah menjadi standar ISO dengan kode 32000-1:2008 sejak Juli 2008.

Sesuai dengan pengertian PDF di atas, format ini sering digunakan dalam administrasi perkantoran karena kemudahannya. Meskipun pada awal rilis format ini kurang diminati karena kalah bersaing dengan pendahulunya yakni Microsoft Office, namun karena memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengarsipkan dokumen membuat PDF saat ini semakin banyak digunakan.

Bahkan software untuk mengakses format PDF pun tidak hanya Adobe Reader saja, namun juga ada Foxit Reader, Adobe Flash, Sumatra PDF dan lainnya.


Cara membuat file format word (Doc/Docx) menjadi format pdf bisa kamu lakukan dengan dua cara, yaitu secara offline dengan menggunakan software kemudian secara online, menggunakan situs converter word to pdf.

Dari kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut cara-cara membuat atau mengubah file word mejadi pdf dan juga sebaliknya.


Convert file Word (Doc/Docx) ke Pdf Secara Offline Menggunakan Software

Cara yang pertama ini sangat membantu kamu saat kamu tidak dalam keadaan tekoneksi ke jaringan internet. Dan cara ini termasuk cara paling cepat dan efektif.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mengubah atau menyimpan file word kamu ke format pdf


1. Menyimpan/Convert file Word (Doc/Docx) ke Pdf Menggunakan Office Word

Mungkin sebagain orang tidak tahu jika Microsoft Office Word bisa mengubah file berjenis doc/docx (word) menjadi file pdf.

Microsoft Office yang kamu gunakan harus di Office 2010 ke atas.

Cara mengubah ataupun menyimpan file dokumen word ke pdf sangatlah mudah dan simpel, berikut caranya :

#1. Buka file word yang akan sobat ubah format filenya menjadi pdf. Disini saya menggunakan Office 2007, akan tetapi di komputer saya sudah terinstall juga Office 2010.


#2. Selanjutnya pilih menu File > Save As (atau Save kalau masih dokumen baru balum kamu save) > Pilih Type file menjadi Pdf > Save.

Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap



Atau Bisa dengan cara,  pilih menu File > Save As > Pdf or Xps

Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap


Pilih format file Pdf kemudian Publish.

Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap


2. Mengubah File Doc ke Pdf Menggunakan Foxit Reader

Berikutnya sobat bisa menggunakan Software tambahan Foxit Rader. Pertama tentunya sobat sudah menginstall terlebih dahulu software foxit radernya. Download softwarenya gratis disini...

#1 Klik kanan pada file word yang ingin sobat ubah menjadi pdf > pilih Convert to Pdf in Foxit Reader.

Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap


#2. Maka file tersebut akan terbuka pada lembar kerja Foxit Reader. Simpan atau Save As file tersebut menjadi Pdf.

Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap



Convert file Word (Doc/Docx) ke Pdf Secara Online

Cara ini paling sering dan saya suka gunakan. Karena menurut saya pribadi, mengubah file word menjadi pdf menggunakan website converter to pdf sangat mempermudah sekali pekerjaan saya.

Karena situs ini bisa digunakan dimana saja asal sobat terkoneksi dengan jaringan internet. Jika suatu saat sobat ingin mengirim file akan tetapi mengharuskan file tersebut berbentuk pdf, padahal file yang sobat miliki di dalam ponsel dalam bentuk word. Sobat bisa menggunakan cara ini, karena tidak harus menggunakan komputer

Website tersebut biasanya memiliki fitur yang sangat lengkap sepert, convert file word ke pdf, jpeg ke pdf, Excel ke pdf dan All ke pdf.

Dan sebaliknya, website-website tersebut bisa mengubah jenis file pdf ke semua jenis file tersebut (word, jpeg, excel, dll).

Kelebihan lain dari situs converter pdf ini adalah bisa menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu dan bisa mengkompress file pdf menjadi kecil size dokumennya hingga 90%.

Memperkecil ukuran file pdf sangatlah berguna dan sangat dibutuhkan jika sobat akan melamar pekerjaan, masuk kuliah dan lain sebagainya secara online.

Ada banyak situs yang bisa sobat gunakan untuk mengubah berbagai macam file menjadi pdf dan juga sebaliknya.

Akan tetapi disini saya merekomendasikan dua situs terbaik yang bisa sobat gunakan. Karena dari beberapa situs yang saya coba kurang bagus.

Biasanya hasil convertnya berantakan dan hanya bisa menggunakan situs tersebut terbatas. Misal hanya bisa convert dua file per jam saja.

Berikut situs convert pdf online terbaik yang saya rekomendasikan :


1. Smallpdf

Situs ini paling sering saya gunakan. Selain cepat dan mudah, fitur di situs ini juga sangat lengkap. Silahkan sobat kunjungi pada link https://smallpdf.com/

Sobat hanya perlu mendrag file atau bisa dengan cara pilih file untuk mengubah file word menjadi pdf.

Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap


Silahkan sobat klik pada menu Semua Alat untuk menggunakan fasilitas lainnya seperti menggabungkan file pdf, kompress file pdf dan lain-lain.

Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap


2. ToPdf

Situs berikutnya ToPdf. Ada banyak fasilitas yang bisa sobat gunakan pada situs ini sama seperti situs sebelumnya yakni Smallpdf.

Akan tetapi , setiap sobat mengklik menu yang ingin sobat gunakan, misalnya sekarang sobat sedang menggunakan menu ToPdf maka alamat linknya https://topdf.com/id/.

Sedangkan jika sobat menggunakan menu Kompress Pdf maka link situs tersebut bergantu menjadi https://pdfcompressor.com/id/ tetapi sebenarnya masih situs yang sama.

Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap


Cara menggunakannya sama dengan situs sebelumnya, hanya dengan meletakkan file yang akan diubah menjadi pdf kemudian tunggu hingga prosesnya selesai lalu klik unduh.

Sobat bisa melihat tutorial dalam bentuk video di bawah jika masih kurang paham.



KESIMPULAN

Hampir semua file dalam bentuk apapun (jpeg, word, excel, dll) dapat diubah menjadi file pdf dan begitu juga sebaliknya. File dalam format pdf dapat diubah menjadi peg, word, Excel, dll.

Mengubah file word menjadi pdf paling mudah jika sobat menggunakan Offie 2010 ke atas. Karena sobat tidak perlu terkoneksi ke internet, dan hasilnya akan jauh lebih rapi.

Karena kadang jika kita menggunakan converter file pdf online biasanya file sedikit berantakan.

Mengubah file word menjadi pdf dalam jumlah banyak saya sarankan menggunakan converter online. Karena jauh lebih mudah dan cepat.

Kekurangan converter file pdf offline biasanya fiturnya terbatas, karena jika ingin fitur yang lengkap biasanya berbayar.

Kelebihan converter online fiturnya sangat lengkap dan lebih mudah dan cepat digunakan.


Semoga tutorial sederhana kali ini bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah. Jangan lupa tinggalkan komentar.

Tag : converter pdf online dan offline, cara mengubah file pdf menjadi word, cara mengubah file word menjadi pdf, cara kompress file pdf hingga 90%.

Post a Comment for "Cara Membuat File Word Menjadi Pdf Online dan Offline Lengkap"