Faktor Yang Menentukan Penetapan Besaran Premi Asuransi Mobil

Faktor Yang Menentukan Penetapan Besaran Premi Asuransi Mobil


Sebelumnya saya sudah share tentang Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Total Lost Only Serta Resiko Apa Saja Yang Ditanggung.


Perlu juga kamu ketahui apa saja yang menjadi faktor penentu untuk menetapkan besaran premi asuransi mobil

Dalam menentukan premi asuransi, setiap perusahaan asuransi memiliki perhitungan yang berbeda. Tetapi pada umumnya ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan pihak asuransi dalam menentukan premi asuransi mobil kamu. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Jenis Kendaraan

Jenis kendaraan mobil yang kamu miliki menjadi faktor utama penentu besaran premi yang harus kamu bayarkan. Jenis kendaraan ini terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari mobil jenis sedan, sport, truk, dan lain sebagainya. Selain itu, pihak asuransi juga melihat merek, usia, serta status mobil agar dapat memperkirakan harga mobil yang kamu miliki.


Usia Pengemudi

Usia pengemudi masuk kedalam faktor penentu pertimbangan nilai premi asuransi mobil kamu. Rata-rata, usia di bawah 30 tahun dan di atas 60 tahun termasuk dalam kategori usia rentan sehingga premi yang dikenakan bisa lebih tinggi.

Kenapa dikatakan usia rentan? Karena usia tersebut merupakan usia dimana faktor resiko terjadinya kecelakaan cukup tinggi.

Usia muda dibawah 30 tahun adalah usia dimana seseorang memiliki kebiasaan mengemudi yang buruk seperti melanggar lalu lintas, mabuk dan lain sebagainya.

Sedangkan usia di atas 60 tahun merupakan usia yang sudah tidak produktif dan kemampuan mengendarai mobil menjadi berkurang seperti mudah lelah, tidak fokus dan lain sebagainya.


Rekam Jejak Kredit

Ini juga menjadi faktor penting dalam menentukan tinggi rendahnya premi asuransi mobil kamu. Jika kamu memiliki rekam jejak kredit yang bagus di mata bank atau lembaga keuangan lainnya, maka kamu bisa mendapatkan premi asuransi yang rendah.

Kenapa bisa demikian? Karena pihak asuransi juga bekerjasama dengan bank sehingga jika kamu pernah menunggak pembayaran cicilan kredit atau memiliki status blacklist dari bank, maka premi yang dikenakan bisa lebih tinggi.



Riwayat Mengemudi

Buat kamu yang sering melanggar aturan lalu lintas mulai sekarang coba untuk lebih patuh lagi. Pasalnya pihak asuransi juga akan bertanya kepada pihak kepolisian tentang riwayat mengemudi kamu.

Apakah kamu sering terkena tilang, kecelakaan, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menilai tingkat resiko yang kamu miliki. Jika riwayat mengemudimu bersih, maka premi yang didapat bisa lebih ringan.



Lokasi Domisili dan Jarak Tempuh

Lokasi domisili sangat berpengaruh pada penetapan premi asuransi mobil. Pasalnya pihak asuransi punya catatan lokasi yang dinilai rawan kriminalitas. Selain itu, mereka juga akan mensurvei apakah rumahmu memiliki garasi atau tidak.




Iklan Tengah Artikel 1