Jenis Printer yang Digunakan Untuk Mencetak Undangan Skala Percetakan Kecil Atau Rumahan

Update : Postingan ini telah diupdate pada tanggal 28 Oktober 2019
Jenis Printer yang Digunakan Untuk Mencetak Undangan Skala Percetakan Kecil Atau Rumahan,  Printer murah, spesifikasi dan harga printer murah, mesin cetak undangan pernikahan, printer untuk usaha percetakan, mesin cetak undangan digital, printer canon untu cetak undangan, printer epson untu cetak undangan, jenis printer untuk cetak undangan pernikahan, printer terbaik buat cetak undangan, bisnis ceta undangan, belajar cetak undangan sendiri.

Jenis Printer yang Digunakan Untuk Mencetak Undangan Skala Percetakan Kecil Atau Rumahan - Bagi sobat yang ingin memulai usaha percetakan skala rumahan, artikel kali ini saya akan berbagi info tentang jenis printer apa saja yang cocok digunakan digunakan untuk memulai usaha cetak undangan atau usaha percetakan skala rumahan.
Banyak jenis printer yang bisa digunakan untuk memulai usaha cetak undangan kecil-kecilan dirumah, namun disini saya akan menuliskan beberapasa berdasarkan pengalaman pribadi dan juga sumber yang saya dapat.

Bagi sobat yang baru selesai kuliah, kursus, ataupun pendidikan lainnya dan ingin membuka usaha dibidang percetaan, jenis printer yang saya tulis kali ini tergolong murah untuk sobat yang baru menyelesaikan pendidikannya disekolah maupun di tempat lain dan ingin membuka usaha sendiri.

Harga rata-rata printer yang saya reomendasikan dibawah 1 juta, dan multifungsi.

Jika sobat ingin belajar cara merawat printer juga tida perlu awatir arena harga printernya yang sangat terjangkau tidak akan membuat dompet menjadi koyak jika ada kerusakan dalam proses belajar nantinya.

Jenis Printer Apa Sajakah Yang Bisa Digunakan Untuk Cetak Undangan? silahkan simak infonya berikut ini.




1. Printer Canon Pixma IP2770/IP2772

Jenis Printer yang Digunakan Untuk Mencetak Undangan Skala Percetakan Kecil Atau Rumahan


Yang pertama saya sarankan untuk mennggunakan Printer Canon Pixma IP2770.

Printer ini sangat umum digunakan, dan sobat bisa menggunakan printer ini untuk keperluan cetak undangan seperti undangan blanko dan undangan menggunakan kertas jasmine.

Printer ini bisa digunakan untuk mencetak dengan kecepatan yang lumayan cepat menurut saya.

Saya pernah membandingkan mencetak undangan dengan printer ini dan printer EPSON L310 dengan jumlah kertas yang sama yaitu 25 lembar (kualitas standar).

Dan yang saya mulai jalankan duluan adalah printer EPSON L310.

Ternyata yang lebih dulu selesai mencetak adalah printer Canon Pixma IP2770. Namun tentu saja kualitas gambar printer EPSON L310 lebih baik.

Saya akan membahas juga tentang printer EPSON L310 ini pada paragraf selanjutnya.

Jika sobat ingin belajar cara membuat atau mensetting blanko undangan, baca artikelnya berikut :


Harga printer ini sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp.600.000,- tergantung dimana sobat membelinya.

Namun pada umumnya para penjual memberi harga printer ini dikisaran harga tersebut. Jika berbedapun tidak terlalu jauh selisih harganya.

Untuk sobat yang baru memulai usaha cetak undangan, printer ini sangat ekonomis dan menghemat modal. 



2. Printer Canon Pixma MP237

Jenis Printer yang Digunakan Untuk Mencetak Undangan Skala Percetakan Kecil Atau Rumahan


Yang kedua masih menggunakan printer Canon. Kali ini yang saya rekomendasikan adalah printer Canon Pixma MP237.

Printer ini adalah printer yang pertama kali saya gunakan untuk membuat undangan pernikahan, sobat juga dapat mencobanya.

Printer ini juga memiliki fungsi scan dokumen yang akan memudahkan sobat untuk membuat undangan dengan menggunakan blanko.

Perawatan printer ini juga tidak terlalu rumit dibandingkan dengan printer jenis lainnya.

Sebagian orang berkata bahwa printer ini kurang awet jika dibandingkan dengan printer sekelasnya. Scanningnya juga limitnya tergolong cepat aus. Itu pengalaman taman saya yang seorang teknisi.

Dengan budget yang tidak terlalu jauh berbeda, mungkin sebaiknya sobat memilih printer MP 287 yang lebih bandel dan memiliki spesifikasi yang lebih baik. Di postingan berikutnya akan saya share tentang printer ini.


Namun, bagi sobat yang belum mengerti tentang perawatan printer, printer ini sangat cocok untuk sobat yang masih belajar merawat printer sendiri karena jenis printer ini perawatan dan solusi mengatasi permasalahannya sudah banyak yang membahasnya di internet. Seprti contoh masalah printer canon berikut ini :


Informasi diatas sangat penting untuk sobat ketahui, karena permasalahan tersebut akan sering sobat temukan saat sobat menggunakan jenis printer ini, ataupun jenis printer lainnya.

Saya sarankan untuk bisa merawat dan memperbaiki printer sendiri, karena akan memangkas biaya operasional jika sobat bisa merawat dan memperbaiki printer sendiri.

Jika belum bisa belajar, karena semuanya berawal dari tidak bisa.

Karena itu saya menyarankan untuk menggunakan jenis printer ini karena harganya yang juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 800.000,- ini jika mengalami kerusakan sobat tidak perlu kawatir jika memperbaikinya sendiri.

Berbeda dengan printer jenis lain seperti EPSON yang harganya rata-rata diatas 2jt. Jika sobat gunakan untuk belajar perbaikan akan sangat merugikan jika terjadi kesalahan.


*Update : Saat ini sudah tidak ada lagi atau sulit menemukan toko yang menjual Canon Pixma MP237. Solusinya sobat bisa membeli yang bekas atau menggunaan alternatif printer lain yaitu Pixma 287



3. Printer EPSON ME340

Jenis Printer yang Digunakan Untuk Mencetak Undangan Skala Percetakan Kecil Atau Rumahan


Berikutnya printer yang saya sarankan adalah printer EPSON ME340.

Printer ini bisa sobat gunakan untuk mecetak undangan diatas kertas Art Paper atau sejenisnya. Saya sarankan untuk menggunakan printer jenis EPSON jika sobat mencetak undangan dengan menyisipkan foto pengantin.

Karena pengalaman saya printer EPSON ini kualitas cetak gambarnya lebih baik daripada printer canon standar seperti yang saya bahas sebelumnya.

Harga printer ini sekitar Rp. 1.000.000,-, harga yang cukup murah untuk printer jenis EPSON karena printer ini sudah dilengkapi dengan fitur copy and scan yang akan memudahkan sobat dalam mengerjakan undangan jenis blanko.


4. Printer EPSON L310

Jenis Printer yang Digunakan Untuk Mencetak Undangan Skala Percetakan Kecil Atau Rumahan


Selanjutnya menggunakan printer EPSON tipe L310. Printer EPSON L310 ini saya sendiri menggunakannya.

Jika usaha cetak undangan sobat sudah mengalami perkembangan sobat dapat menyisikan pendapatan sobat untuk membeli printer EPSON jenis ini.

Karena harga printer ini lumayan mahal untuk skala percetakan rumahan yaitu berkisar antara Rp. 1.810.000,- hingga Rp. 2.000.000,- tergantung tempat membeli dan harga dolar $.

Printer ini sangat praktis karena sobat tidak perlu menyuntikan tinta kedalam catrid untuk melakukan isi ulang tinta.

Karena printer ini sudah dilengkapi dengan ink tank resmi semakin memudahkan dalam refill tinta atau pengisian ulang.

Dengan adanya ink tank ini sobat bisa memonitoring jumlah tinta yang masih tersedia dalam ink tank tersebut. Jadi sobat tidak perlu kawatir akan kehabisan tinta saat sedang mencetak undangan.

Berbeda dengan printer yang saya bahas sebelumnya, karena jika sobat menggunakan printer dengan sistem isi ulang menyuntikkan tinta kedalam catrid, pada saat tinta habis sobat baru bisa mengetahuinya pada saat hasil cetakan yang gagal.

Hal ini akan merugikan sobat jika saat sedang mencetak blanko undangan. 

Printer EPSON L310 ini memiliki kecepatan mencetak yang cepat dan juga penggunaan tinta yang irit.

Printer ini tidak dilengkapi dengan fitur scan, namun tidak masalah jika sobat sudah memiliki printer jenis Canon sebelumnya yang memliki fitur scan.

Jika sobat mencetak 25 halaman dengan menggunakan printer ini dibandingkan dengan printer sebelumnya yang saya jelaskan, maka printer ini akan terlebih dahulu dapat menyelesaikan pekerjaannya dibandingkan jenis printer yang lain. Hal ini sudah saya buktikan sendiri.

Selain untuk keperluan mencetak undangan, printer ini juga dapat digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas yang bagus.



Itu tadi beberapa jenis printer yang bisa sobat gunakan untuk memulai usaha cetak undangan skala kecil atau rumahan.

Sebenarnya tidak hanya itu saja printer murah yang bisa sobat gunakan, namun contoh diatas merupakan jenis printer yang sering saya gunakan untuk keperluan cetak undangan.

Berikut saya akan melampirkan beberapa list jenis printer dan harganya untuk referensi sobat : 


Jenis Printer
Harga
 EPSON M100
Rp. 1.760.000 
 EPSON TX121
Rp. 810. 000 
 EPSON ME Office 82WD
Rp. 1.300.000 
 Canon PIXMA E400
Rp. 800.000 
 Canon PIXMA MX497
 Rp. 1.250.000
 Canon PIXMA MP287
Rp. 990.000 
Canon PIXMA MX497 
Rp. 1.250.000 

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi sobat yang ingin memulai usaha cetak undangan dirumah.

Saran saya, gunakan printer lebih dari 1 untuk pekerjaan cetak undangan, karena printer yang digunakan terus menerus akan cepat merusak catrid.

Selain itu, mengunakan printer lebih dari 1 akan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Karena mencetak undangan tidak hanya 100 atau 200 lembar saja, tapi ribuan kertas yang akan di print. Itu saja tips dari saya.

Jika sobat ingin lebih tahu perbanding printer EPSON atau Canon jika digunakan untuk mencetak undangan silahkan baca pada postingan saya berikut ini :




Tag : Printer murah, spesifikasi dan harga printer murah, mesin cetak undangan pernikahan, printer untuk usaha percetakan, mesin cetak undangan digital, printer canon untu cetak undangan, printer epson untu cetak undangan, jenis printer untuk cetak undangan pernikahan, printer terbaik buat cetak undangan, bisnis ceta undangan, belajar cetak undangan sendiri.

20 Responses to "Jenis Printer yang Digunakan Untuk Mencetak Undangan Skala Percetakan Kecil Atau Rumahan"

  1. gan mau tanya, saya baru beli printer seri L360 utk cetak 900 undangan blanko, nah tengah perjalanan cetak, gak sengaja masukin kertas lagi utk mengisi di tengah2 sedang print, alhasil kertas nyangkut, terpaksa saya tarik. setelah itu dipakai print seperti bunyi kaset kusut, dan tidak bisa print lebih banyak kertas, harus dikurangi. tidak seperti sebelumnya, dgn jumlah yg banyak bisa narik, sejak kejadian itu harus mengurangi kertas agar mau ditarik. apakah agan juga pernah mengalami hal serupa, atau lama kelamaan jika menggunakan printer yg tidak rekomen utk cetak kertas HVS seperti blangko ini akan cepat mengalami masalah pada printer. mohon sharing nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kalau ngeprint undangan gak pernah banyak sekaligus. Biasanya sekali print 30 lembar plaing banyak.

      Saya kasih jeda habis itu baru mulai print lagi. Biar headnya gak cepet panas.

      Delete
  2. tanya gan, kalau cetak pakek kertas art paper agan menggunakan tinta apa??? apa bisa dicetak menggunakan tinta ori printer tsb.??? saya pakek printer epson L310.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klw L310 pke tinta orinya aja.

      Kmrn sy cetak art paper plg tpis pke printr mp237.

      Tp klw wrna hitam luntur. Sy akalin pk warna agk abu2.

      Trs hbs cetak lgsnh d pisahin biar gk kena sentuhan kertas lainnya. Soalnya klw blm krg dia luntur.

      Delete
  3. Replies
    1. Asal gak disiram air gak luntur.
      Rekomendasi untuk kertas blanko dan kertas jasmine. Kalau cetak ke kertas art paper warna agak pudar.

      Delete
  4. Semoga bermanfaat ,terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  5. Semoga bermanfaat ,terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  6. Maaf Mas, mau tanya. Rencana mau mula usaha di cetak undangan. rencana pakai blangko, dengan printer biasa apa bisa cetak ribuan. misalnya 1 org order undangan 1rb. ada 4 orang aja udah 4rb lembar bolak balik bisa 8rb lembar. ngandalin printer apa bisa. kalau bisa yg recomended pakai printer apa. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Printer biasa yang sudah ada scannernya sekarang herganya 1 jutaan. Kalau yang cuman print aja skitar 600 ribuan.

      Kalau pke 1 printer undangan 1000 lembar kurang lebih 2 - 4 hari selesai.

      Kalau misalnya mas dapat 4 ribu undangan dalam waktu bersamaan. Keuntungannya bisa mas buat beli printer tambahan yang harganya sekitar 600 ribuan biar kerjanya cepet selesai.

      Anggap saja 1000 undangan itu kita dapat untung 600 ribu. 600 x 4 = 2.400.000,-

      Itu bisa buat beli 4 printer lagi. 2 hari 4.000 undangan bisa siap.

      Delete
  7. Yang saya bingung Bagaimana hitung Modal blanko...dan harga jualnya pernah lembar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga Blanko + Harga Cetak + Label + Plastik

      Harga Plastik Rp.100/pcs
      Harga Label Rp.100/pcs
      Harga Cetak /sisi RP.400 Bolak balik = Rp.800/pcs

      Misal Harga Blanko Rp.400/pcs

      Berarti Rp. 400 + Rp.800 + Rp.100 + Rp.100 = Rp.1.400/pcs undangan

      Delete
  8. Terima kasih mas aditya,ulasannya sangat bermanfaat dan membantu sekali,

    ReplyDelete
  9. mas saya pakai epson A3+ l1800. itu gimana ya cocok tidak untuk cetak undangan, tolong kasih saranya mas. dari kertas dan lainya. terimakasih mas.

    ReplyDelete
  10. Epson L1800 bagus buat cetak undangan menggunakan kertas Blanko. Memang disarankan menggunakan printer epson jika mencetak undangan dengan kertas blanko.

    Kertas lain yang cocok digunakan adalah kertas jasmine.

    Silahkan baca lebih lengkap disini mas :
    http://belajar-dotcom.blogspot.com/2016/10/macam-macam-jenis-bahan-kertas-undangan-harganya.html

    ReplyDelete
  11. Kalau saya 25-30 lembar. Kasih jeda 30-60 detik setelah itu print lagi.

    ReplyDelete
  12. mas, info dong yang jual blanko hardcover or semi hardcover yang bisa dipercaya?
    kalo bisa yang lumayan murah dan kualitas baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di daerah saya bisa saya rekomendasikan. Tetapi jika diluar daerah saya saran saya cari dulu di kota agan, cari di toko kertas.

      Solusi lain via marketplace seperti BL, Tokped dll.

      Delete
  13. selaian biaya harag blangkko plastik dan labelnya apakh biaya lain tidk d masukin seperti listrik dan ongkos lain2 seperti upah orng untuk melipat undangan..klo orderan 4.000 undagan menggunakan 4 printer selesai 2.3 hari..apa kita harus melipatnya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ongkos cetak itu sudah dengan perhitungan listrik, tinta dll.

      Untuk biaya melipat, jika memiliki karyawan tinggal perintahkan karyawan. Kalau mau bayar orang Rp.50.000 - Rp. 80.000 saya rasa cukup. Lagipula jika cetak undangan sampai 4000 lembar keuntungan di atas 2juta sudah.

      Delete

Berkomentarlah yang baik. Jangan SPAM atau meninggalkan link aktif di dalam komentar.

Iklan Tengah Artikel 1