Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Fungsi Palet (Pallete) pada Photoshop

Tutorial Photoshop Pemula : Mengenal dan Memahami Fungsi-Fungsi Palet yang Ada Pada Adobe Photoshop CS3


Macam-Macam Fungsi Palet yang Terdapat pada Photoshop - Fungsi palet pada photoshop digunakan untuk mengontrol dan cara kerja tombol-tombol atau tools yang ada pada ToolBox Adobe Photoshop. Ada bermacam-macam palet yang terdapat pada Adobe Photoshop dan memiliki fungsinya masing-masing dari setaip palet tersebut.


Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang Fungsi-Fungsi Tool dalam Adobe Photoshop dan juga Mengenal Jendela atau Lembar Kerja dari Adobe Photoshop. Artikel yang akan saya share kali ini masih berkaitan dengan artikel sebelumnya, karna fungsi tool, palet dan lembar kerja photoshop adalah basic yang harus sobat pelajari untuk bisa menggunakan program ini agar lebih maksimal. Silahkan sobat baca :


Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, palet dalam Adobe Photoshop ada bermacam-macam, diantaranya Palet Layer, Palet, Channel, Palet Actions, Palet Style, dan masih ada beberapa macam palet lagi. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Fungsi dan Palet apa saja yang terdapat pada Adobe Photoshop, mari kita simak ulasan berikut :

Komunitas Photoshop Indonesia, belajar photoshop untuk pemula, kumpulan tutorial lengkap photoshop, fungs palet ddi photoshop, nama palet yang ada di photoshop, fungsi palet layer, fungsi palet action, fungsi palet styles, palette photoshop, pallete pada photoshop, fungsi palet, palet photoshop, kumpulan tutorial photoshop lengkap untuk pemula.

10 Nama-nama Palet Adobe Photoshop beserta Fungsinya 


#1. Palet Options/Options Bar
Fungsi dari Palet Options bar ini adalah untuk menunjukan perintah-perintah yang tersedia pada options bar untuk tool yang sedang sobat gunakan. Tampilan Options bar akan mengikuti tool apa yang sedang sobat gunakan. 

Contoh jika sobat menggunakan Eraser Tool, maka palet options bar juga akan menyesuaikan dengan Eraser Tool (E) tersebut, dan jika sobat mengganti tool yang sobat gunakan dengan Move Tool maka Options bar juga akan menyesuaikan dengan perintah-perintah dari Move Tool (V) tersebut.  

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop

Options Bar Eraser Tool 

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop, palet options bar

 Options Bar Move Tool 

Cara menampilkan options bar, pilih menu Windows - Options, lalu silahkan sobat pilih atau gunakan salah satu tool yang ada pada toolbox

#2. Palet Layer
Palet ini sangat sering dan bahkan pasti kita gunakan pada saat bekerja dengan program Adobe Photoshop ini. Fungsi dari Palet Layer sendiri adalah untuk menunjukan semua layer yang ada di dalam lembar kerja kita (tempat objek). Penggunaanya, layer baru yang sobat buat kana di tempatkan di atas layer yang sudah ada. 

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop, fungsi palet layer photoshop

Pada gambar di atas, palet layer memiliki bebrapa fungsi diantaranya : 
- Link - Layer Style 
 - Add Layer Mask, dll

Lebih lengkapnya  baca artikel berikutnya... 

#3. Palet Channel
Fungsinya ialah sebagai tempat informasi tentang warna yang berlaku pada gambar yang dikerjakan. Warna-warna tersebut ialah RGB, Red, Green, Blue. Pada fasilitas Palet Channel ini sobat bisa membuat sebuah seleksi menurut warna yang sobat tentukan. Dalam hal ini, palet Channel dapat membantu sobat lebih mempermudah menyeleksi gambar rumit seperti gambar pepohonan dan rambut. 

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop, fungsi palet channel photoshop

Akan terasa merepotkan jika kita menyeleksi bagian rambut seseorang yang terurai jika kita hanya menggunakan tool biasa untuk menyeleksi. Untuk itu, fasilitas dalam Channel ini dapat membantu sobat untuk dapat menyeleksi objek rumit sekalipun. 
#4. Palet History
Palet history merupakan fasilitas yang digunakan untuk menyimpan status atau history pekerjaan sobat. Dengan fasilitas ini sobat dapat membatalkan perintah yang telah sobat kerjakan (Undo).

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop, fungsi palet history photoshop

#5. Palet Action
Fungsi dari palet ini adalah untuk merekan ataupun mengulang kembali perkerjaan yang sobat kerjakan. Melalui palet ini sobat dapat merekam (Begin recording) langkah-langkah pekerjaan sobat dalam folder action, kemudian sobat bisa menerapkan kembali lengkah-langkah pekerjaan sobat pada gambar atau objek lainnya (Play Selection).

Dengan palet ini sobat bisa mengedit foto dengan hanya melakukan klik sekali pada Action yang sobat punya. Action akan bekerja secara otomatis mengikuti pekerjaan yang telah sobat rekam sebelumnya.

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop, fungsi palet actions photoshop

#6. Palet Navigator
Berfungsi sebagai preview thumbnail file image yang sedang sobat buka. Dengan menggunakan palet ini sobat dapat memperkecil ataupun memperbesar tampilan gambar yang sedang sobat kerjakan.

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop, fungsi palet navigator

#7. Palet Info
Palet info berfungsi untuk menampilkan semua informasi yang berhubungan dengan tampilan lembar kerja kita. Informasi tersebut diantaranya, ukuran, warna, serta sumbu kordinat. 

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop, funsi palet info

#8. Palet Swatches
Palet Swatches merupakan sebuah tabel warna.

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop, fungsi palet swatches

#9. Palet Color
Dalam palet ini sobat dapat mengatur warna Forground atapun Background. Sobat dapat mengatur kombinasi warna dengan cara mengubah nilai-nilai yang terdapat pada pilihan R (red), G (green), dan B (blue).

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop, fungsi palet color

#10. Palet Styles
Dalam Palet Styles berisi kotak yang menyediakan beberapa pilihan style yang dapat sobat gunakan pada teks maupun gambar. Style disini masksudnya adalah gaya ataupun model bentuk dari sebuah objek ataupun gambar. Seprti contoh, pada fasilitas ini sobat bisa menerapkan style Glass pada teks yang sobat ingin berikan efek style glassnya.

Mengenal Fungsi Pallete pada Photoshop, fungsi palet styles pada photoshop

Ada banyak pilihan style yang terdapat pada palet styles tersebut, sobat dapat menambahkan ataupun memunculkan style lainnya dengan cara mengklik tombol segitiga yang berada di sisi pojok kanan atas palet style tersebut, lalu sobat bisa memilih jenis style apa yang ingin sobat tambahkan.


Beberapa Palet di atas mungkin hanya sebagian kecil yang saya jelaskan, tapi poin-poinnya sebisa mungkin sudah saya coba jelaskan di atas. Untuk beberapa Palet akan kita bahas di artikel berikutnya agar lebih lengkap pemahamannya.

Terimaksih telah berkunjung, nantikan artikel-artikel menarik lainnya. Sebagai saran bacaan silahkan sobat baca :


Tag : Komunitas Photoshop Indonesia, belajar photoshop untuk pemula, kumpulan tutorial lengkap photoshop, fungs palet ddi photoshop, nama palet yang ada di photoshop, fungsi palet layer, fungsi palet action, fungsi palet styles, palette photoshop, pallete pada photoshop, fungsi palet.

Post a Comment for "Mengenal Fungsi Palet (Pallete) pada Photoshop"