Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Desain Poster Keren dengan CorelDRAW X4

Membuat Desain Poster Keren dengan CorelDRAW X4 - Desain ini terinspirasi dari postingan Facebook, lalu saya berinisiatif untuk membuat tutorial cara membuatnya, agar sobat desain grafis pemula ataupun yang masih belajar bisa juga membuat desain seperti desain tersebut yang di share di facebook.

Mohon maaf tidak bisa mencantumkan link share artikel dan desain aslinya dikarenakan lupa :p
Di artikel sebelumnya saya sudah memposting tentang bagaimana cara membuat desain sepanduk untuk pemula. Dan di artikel kali ini saya ingin berbagi cara membuat poster, banner ataupun spanduk yang berisi informasi donasi masjid.


Preview
desain poster dengan coreldraw, cara mudah desain poster sendiri, donwload contoh poster format .cdr, contoh banner, cntoh spanduk, contoh poster donasi, desin poster mudah, cara cepat belajar desain poster sendiri.

Di akhir postingan saya sertakan file .cdr yang bisa sobat download gratis! Untuk caara pembuatannya, silahkan sobat ikuti langkah - langkahnya :

1. Buat objek 

Pilih Rectangle Tool, kemudian buat 3 buat objek persegi panjang. Dimana objek utamanya saya buat ukurannya 556 x 575 mm. Kemudian beri warna objek tersebut.

membuat objek di corel dengan menggunakan rectangle tool

2. Jenis Font yang Digunakan

Sebelum ke tahap selanjutnya, di step 2 ini saya berikan dulu infonya tentang font yang di gunakan. Font tersebut bisa sobat dapatkan di situs penyedia font gratis seperi dafont,dll.

jenis font keren, font untuk desain grafis, font untuk desaon tiporafi, font untuk desain banner, font untuk desain poster, font untuk desain undangan, donwload font keren gratis

3. Tuliskan Teks 

Pilih Teks Tool (F8), kemudian ketiklah teks seperti yang sobat inginkan. Lalu berikan variasi warna. Jenis font yang digunakan sudah saya sebutkan sebelumnya, tinggal sobat ikuti saja.

font keren, desin poster

Buat hiasan dibawah teks masjid. Pilih Rectangle Tool, lalu atur Left Rectangle Corner Roundness menjadi sekitar 35. Lalu buatlah objek persegi panjang dibawah teks masjid tadi.

desain poster

Potong objek tadi dengan cara, pilih teks masjid dan objek persegi panjang tadi, kemudian klik Trim.

efek trim, cara menggunakan trim, apa itu trim dalam coreldraw

Tekan CTRL + K, kemudian tarik sisi sudut objeknya atau bisa juga perkecil objeknya, nanti jadinya seperti gambar berikut. Jangan lupa beri warna.

fungsi ctrl + K di corel, fungsi reak appart di corel

Hasilnya

desain poster


4. Buat Space Untuk Teks Lokasi 

Pilih Rectangle Tool, atur point Left Rectangle Corner Roundnessnya menjadi 90, Out Line 16pt, dan warnanya 60% Black. Besar space ini saya buat 440 x 28 mm.

desain poster



5. Buat Space Teks Untuk Dana yang Dibutuhkan 

Pilih Ellipse Tool (F7). Buat 3 buah lingkaran/objek bulat, objek 1 ukurannya 123,316 mm dengan Out Line 10pt warna out line 10% black, dan tanpa warna tengah.


Objek 2 dengan ukuran yang sama namun beri warna 30% black dan tanpa out line, berikan efek Transparansi mode Uniform 50%.


Objek ketiga buat ukurannya 103,351mm dengan warna radial kombinasi 30% black dengan putih, out linenya 10pt warnanya C6 M4 Y4 K0.

membuat objek untuk space tempat teks iklan

Sebenarnya ukurannya tidak harus sama dengan yang saya buat, namun untuk mempermudah proses belajarnya bisa sobat ikuti dulu seperti settingan saya, baru kemudian sobat bisa kreasikan sendiri bentuknya sesuasi keinginan sobat.


kemudian gabungkan semua objek lingkaran yang sudah kita buat tadi, lihat gambar dibawah.

desain tempat teks iklan


Sekarang kita buat space untuk tempat teks penjelasan tujuan dana tersebut. Pilih Rectangle Tool, kemudian buat 2 objek persegi panjang dengan ukuran 110 x 248 mm dan 88 x 198 mm, dengan point Left Rectangle Corner Roundnessnya 100.

cara desain space iklan teks

Berilah warna, objek 1 dengan warna linier kombinasi hitam dan putih lalu objek 2 lihat warnanya seperti gambar dibawah.

mengatur warna radial di corel

Gabungkan kedua objek tersebut.

membbuat objek keren di corel

Oke! terakhir kita satukan rangkaian objek yang kita buat tadi menjadi seperti gambar dibawah.

membuat objek keren untuk space tempat teks iklan

Copy objek tersebut menjadi 3 buah, lalu ubahlah warna objek kedua dan ketiga seperti contoh dibawah, kalau warna yang saya gunakan gak klop di hati sobat, sobat bisa gunakan dengan warna yang sobat inginkan.
Hasilnya

membuat objek untuk space tempat teks iklan , membuat objek untuk space tempat teks banner dan poster


6. Ketikan Teks Pesan yang Ingin Disampaikan 

Nah tahap terakhir tinggal sobat tulis aja apa yang mau disampaikan di dalam poster ini, ya kalau contoh yang saya buat ini, saya buat contohnya buat donasi masjid.

desain poster keren, download contoh desain poster keren

Hasil akhir

tag : desain poster dengan coreldraw, cara mudah desain poster sendiri, donwload contoh poster format .cdr, contoh banner, cntoh spanduk, contoh poster donasi.

Untuk file .cdr sobat bisa download dibawah!!


Note! : Desain poster ini dibuat hanya untuk media pembelajaran, alamat donasi, rekening, masjid dan lain sebagainya hanyalah fiksi. Kesamaan nama, tempat, dll merupakan ketidak sengajaan.

Baca Juga :
Semoga bermanfaat, dan kalau ada yang kurang jelas atau ada yang ingin di tanyakan, jangan sungkan tinggalkan komentar untuk bertanya, ingsya Allah pasti akan saya balas. Terimakasih.

tag : desain poster dengan coreldraw, cara mudah desain poster sendiri, donwload contoh poster format .cdr, contoh banner, cntoh spanduk, contoh poster donasi.

 Desain Poster Keren dengan CorelDRAW X4

Size : 1.35 MB

2 comments for "Membuat Desain Poster Keren dengan CorelDRAW X4"

Berkomentarlah yang baik. Jangan SPAM atau meninggalkan link aktif di dalam komentar.