Tips Cara Cepat Membuat Desain Spanduk Agar Komputer Tidak Berat Pada Saat Mendesain

Tips Cara Cepat Membuat Desain Spanduk Agar Komputer Tidak Berat Pada Saat Mendesain - Membuat desain spanduk sepertinya menjadi sebuah rutinitas bagi sobat yang bekerja dibidang percetakan.

Tak hanya sobat saja yang bekerja di percetakan mungkin sobat lain yang memiliki profesi yang berbeda sering membuat desain spanduk.

Di percetakan biasanya desain spanduk dihargai gratis dan hanya dikenakan biaya cetak. Saya yakin dipercetakan membutuhkan pekerjaan yang cepat selesai.

Saya rasa tidak perlu membahas tentang cara atau tutorial membuat desain spanduk karena pastinya sobat sudah paham akan hal itu. Tetapi bagi sobat yang baru belajar dan baru pertama main ke blog saya ini sobat bisa belajar membuat desain spanduk sendiri menggunakan Photoshop maupun CorelDRAW pada postingan saya sebelumnya :


Salah satu keinginan yang pastinya ingin dicapai adalah bagaimana sebuah rutinitas tersebut tidak lagi menjadi beban dan bisa dikerjakan dengan sangat mudah cepat dan efisien.

Konsumen biasanya beragam, ada yang ingin desain spanduk yang dia inginkan cepat selesai. Dan masalah lain bagi setiap desainer yang sering dihadapi adalah komputer menjadi lambat atau biasanya teman-teman menyebutnya dengan istilah "ngelag".

Komputer menjadi lambat atau ngelag biasanya disebabkan karena banyaknya menggunakan file gambar jpeg dan tidak menggunakan skala pada saat membuat desain spanduknya.

Untuk itu kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimana bisa membuat desain spanduk dengan cepat dan tanpa membuat komputer lambat atau ngelag.

Untuk contoh praktek kali ini saya menggunakan program CorelDRAW.



Langkah Pertama - Buat Skala Pada Ukuran Desain Spanduk

Kesalahan yang sering dilakukan bagi sobat yang masih belajar membuat desain spanduk adalah tidak membuat skala pada ukuran desain spanduk yang sebenarnya.

Maksudnya seperti ini, jika sobat ingin membuat desain spanduk ukuran 4x1 Meter maka jangan buat ukuran 4x1 meter pada lembar kerja di CorelDRAW atau Photoshop sobat. Tapi gunakan skalanya 1 : 3 atau 1 : 4.

Misalnya gini, ukuran spanduk yang akan sobat buat adalah 4x1 meter, maka yang sobat buat di lembar kerja sobat adalah 1,25 x 31,25 Meter jika sobat akan menyisipkan gambar pada desain sobat nantinya  atau 1 x 0,25 Meter jika sobat hanya membuat vector atau teks saja, walaupun menggunakan gambar tetapi tidak terlalu besar atau hanya sebagai background saja.

Disini saya akan membuat desain spanduk dengan ukuran asli 2x1 meter dan tidak terlalu banyak menggunakan gambar. Maka skala yang saya buat pada lembar kerja adalah 70 x 30 cm.





Langkah Kedua - Tulis Terlebih Dahulu Semua Teks


Langkah berikutnya, agar lebih mudah dan cepat dalam proses pengerjaan desain spanduknya, ketikkan semua teks yang akan dimasukan kedalam desain. Dengan cara ini sobat lebih mudah memikirkan kreasi seperti apa yang akan dibuat dengan desain spanduk ini nantinya.




Langkah Ketiga - Atur Besar Kecil Teks dan Jenis Font

Kemudian selanjutnya sobat atur besar kecil teks yang sekiranya paling penting untuk ditonjolkan.




Lalu atur masing-masing jenis font dari teks tersebut agar terlihat lebih menarik.



Font Custome yang saya gunakan pada desain ini adalah Komika Axis, CityDLig dan Carter One.


Baca Juga Kumpulan Font Latin Keren Untuk Desain Grafis, Logo, Undangan, dan Spanduk Free Download


Langkah Keempat - Menentukan Warna Dasar Background

Nah setelah itu barulah sobat menentukan warna dasar backgroundnya. Karena disini saya akan membuat desain spanduk penerimaan peserta didik baru atau PPDB madrasah maka yang saya buat adalah warna hijau gradient.

Jika sobat akan membuat desain spanduk lain seperti jual beli mobil dan motor, handphone dan lain sebagainya silahkan sobat sesuai tema warnanya.



Di postingan sebelumnya saya juga sudah membahas bagaimana cara mendapatkan atau membuat warna gradasi yang bagus dan bernar. Silahkan sobat baca pada postingan sebelumnya :

Baca : Tips Cara Membuat Gradasi Warna yang Bagus Dalam Desain



Langkah Kelima - Mempercantik Teks

Langkah berikutnya, agar tulisan ata teks menjadi menarik silahkan sobat kreasikan dengan memberikan warna dan efek outline, contour, shadow, dan lain-lain.




Langkah Terakhir - Menyisipkan File Gambar

Ini bagian penting yang juga perlu sobat ketahui. Jika sobat menggunakan file gambar berupa jpeg, png dan lian sebagainya, sebaiknya sobat sisipkan file gambar itu pada tahap akhir di proses desain.

Mengapa............?

Karena file berjenis gambar ini yang paling berpengaruh membuat komputer sobat menjadi lambat atau ngelag pada saat proses mendesain selain efek drop shadow, contour, transparansi dan lain-lain.

Untuk itu saya sarankan sisipkan filegambar seperti itu dan memberikan efek yang sudah saya sampaikan di atas tadi pada tahap-tahap akhirs proses mendesain.

Pada contoh kali ini saya menggunakan gambar logo lembaga yang saya letakkan di sudut kanan dan kiri atas. Dan juga menggunakan gambar untuk memberikan efek pada background.



Jika sobat ingin mengetahui perbedaan pada saat sebelum mengimport gambar dan memberikan efek pada teks dan sebelumnya silahkan sobat download soft file hasil desain spanduk penerimaan peserta didik baru (PPDB) ini di akhir artikel ini.

Memang hasil desain saya tidak seperti para profesional, tetapi tips ini saya rasa penting untuk sobat ketahui agar lebih mempermudah mengerjakan desain spanduknya. Jangan lihat hasil desain saya tetapi tahap-tahapnya.

Related :
Download Template Spanduk Ucapan Selamat Datang Lomba Keren cdr
Download Spanduk Pelepasan Siswa-Siswi Kelas 6 SD

Mungkin untuk hasil karya yang lebih baik lagi yang pernah sobat buat, bisa sobat share pengalamannya di kolom komentar.

Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di pertemuan selanjuntya. Salam.........

0 Response to "Tips Cara Cepat Membuat Desain Spanduk Agar Komputer Tidak Berat Pada Saat Mendesain"

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik. Jangan SPAM atau meninggalkan link aktif di dalam komentar.

Iklan Tengah Artikel 1