Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Objek 3D dengan CorelDRAW

Cara Mudah Membuat Objek 3D Dengan CorelDRAW

Membuat Objek 3D - Kali ini Kumpulan Tutorial akan berbagi tutorial cara pembuatan objek 3D dengan menggunakan Aplikasi CorelDRAW x4. Tutorial kali ini kita akan memanfaatkan fasilitas Effects - Lens - Fish Eye. Jadi kita membuat objek 3D nya memanfaatkan efek Fish Eye. Oke sobat langsung saja kita simak tutorialnya,selamat membaca :)


1. pertama kita buka aplikasi CorelDRAW kemudian buat sebuah objek bulat dengan menggunakan Ellipse Tool (F7).




2. Kemudian copy paste objek yang telah kita buat tadi. Cara copynya kita menggunakan efek Transformation agar lebih mudah mengcopynya dan lebih tertata.

3. Caranya, klik menu Arrange - Transformation - Position. Pada kotak Transformation - Position, kita centang Relative Position kemudian pada kotak dibawah Relative Position tersebut kita centang yang sebelah kiri agar objek yang kita duplicate tercopynya ke arah kiri. Kemudian klik Apply To Duplicate.





4. Cara yang ke 4 sama seperti cara sebelumnya, bedanya, kita pindah centang Relative Positionnya di sebelah bawah.Setelah itu block semua objek bulat tersebut lalu Group (CTRL + G). Hasil copy tersebut terihat seperti gambar dibawah.





5. Berikutnya kita warnai objek bulat tersebut. Klik Rectangle Tool (F6) kemudian buat objek persegi. Lalu  kita warnai dengan menggunakan Interactive Fill Tool (G).Pilih Efek Radial, kombinasi warnanya sesuaikan dengan keinginan sobat.





6. Setelah itu kita PowerClip Objek yang telah kita warnai tersebut ke objek bulat tadi. Caranya, klik/aktifkan objek persegi lalu klik menu Effects - PowerClip - Place Inside Countainer.





7. Jika sudah, maka objek bulat tersebut akan menjadi berwarna Radial. Hilangkan Out Linenya.




8. Langkah selanjutnya kita buat Objek Lingkaran atau bola yang lebih besar, letakan di tengah objek bulat pertama tadi.






9. Sekarang kita beri efek Fish Eye. Caranya, klik menu Effects - Lens - Kemudian pada Lens Effect pilih Fish Eye, nilai Ratenya bisa sobat sesuaikan sendiri sesuai keinginan sobat, semakin besar nilai Ratenya maka akan semakin besar efek Fish Eyenya. Centang Frozen untuk membuat objek bola tersebut menyatu menjadi sebuah objek 3D.





10. Kita geser objek yang sudah kita beri efek Fish Eye tadi, kemudian hilangkan Out Linenya.






11. Nah sampai sini udah jadi efek 3Dnya, selanjutnya tinggal sobat kreasikan sendiri dengan ide sobat biar bisa jadi lebih menarik objeknya.





Jika kurang jelas sobat bisa melihat tutorial videonya dibawah :




Sekian Tutorial kali ini Cara Membuat Objek 3D dengan Menggunakan Aplikasi CorelDRAW X4. Selamat mencoba!

Tag : komunitas pengguna CorelDRAW Indonesia, efek 3D Corel, tutorial CorelDRAW, belajar CorelDrAW, membuat objek 3d di coreldraw, efek coreldraw keren, membuat efek 3d di coreldraw.

Post a Comment for "Membuat Objek 3D dengan CorelDRAW"