Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop

Tuesday, November 14, 2017
Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop - Rule, Guide  dan Grid membantu kita dalam mengatur posisi atau jarak gambar atau objek yang sedang kita kerjakan dengan tepat. Bahasa sederhananya kita memiliki garis bantu untuk menentukan letak gambar dengan tepat.

Dengan Rule, Guide, dan Grid ini sangat membantu saya dalam membuat Tutorial Cara Membuat Efek Foto Mosaic dengan Photoshop. Jika sobat belum membacanya, silahkan baca pada artikel berikut :

Baca : Cara Membuat Efek Foto Mosaic di Photoshop

Berikut ini Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop, selamat membaca.

Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop


1. Menggunakan Rule

Saat diaktifkan atau diperlihatkan, Rule akan terlihat pada posisi atas dan sisi kiri pada lembar kerja sobat. Rule ini terlihat seperti penggaris yang terlihat di sisi atas dan kiri lembar kerja kita.

Satuan Rule ini bisa sobat ganti sesuai keinginan. Sobat bisa menggantinya dengan satuan Pixels, Inches, Centimeters, Milimeters, Points, Picas dan Percen.

Untuk menampilkan garis Rule ini sobat bisa menggunakan menu View > Rulers. Atau bisa dengan cara cepat yaitu dengan menekan CTRL + R.

Sedangkan untuk mengganti settingan Rule (satuan), sobat bisa menggunakan menu Edit > Preferences > Unit & Rules. Atau bisa dengan cara klik kanan pada garis Rule > kemudian pilih satuan yang sobat inginkan.


Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop



2. Menggunakan Guide dan Grid

Guide terlihat seperti garis melayang diatas lembar kerja (gambar dan objek di dalamnya) dan tidak tercetak jika sobat akan mencetak hasil kerja sobat dalam keadaan Guide masih aktif atau terlihat. 

Begitu juga jika sobat menyimpan hasil kerja sobat tersebut dalam format JPEG atau gambar. Garis Guide tidak akan terlihat.

Grid dalam photoshop di tampilkan secara default sebagaia garis yang tidak bisa di cetak. Maksudnya garis Grid otomatis terbentuk secara horizontal dan vertical membentuk sebuah garis kotak-kotak jika sobat menampilkannya.


2.1 Menampilkan/Menyembunyikan Grid

Untuk menampilkan Grid pada lembar kerja, silahkan sobat klik menu View > Show > pilih Grid. Atau dengan cara cepat bisa menekan CTR: + ' pada keyboard.

Lihat gambar dibawah!


Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop



2.2 Menampilkan Guide

Ada dua cara untuk menampilkan Guide dalam lembar kerja Photoshop. Yang pertama secara otomatis, yaitu kita menentukan posisi Guide dengan nilai angka /cm atau bisa dengan persentase dari ukuran lembar kerja yang kita gunakan.

a. Menampilkan Guide Menggunakan Ukuran
Pilih menu View > New Guide. Tentukan orientasi dari Guide yang akan sobat buat. Apakah sobat ingin membuat Guide secara Vertical atau Horizontal.

Tentukan posisi penempatan dari guide, kemudian akhiri dengan menekan tombol ok. Disini saya menggunakan contoh %. Jadi garis guide yang saya buat posisinya mengikuti berapa % dari lembar kerja yang saya gunakan. 


Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop



b. Menampikan Guide Secara Manual
Untuk menggunakan cara ini, pastikan Rule sobat aktif. Cara mengaktiskannya sudah saya sampaikan diatas.

Arahkan pointer mouse ke arah penggaris sebelah kiri atau atas kemudian drag ke arah image pada posisi tertentu hingga pointer mouse berubah menjadi Double-Headed Arrow.


Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop



2.3 Memindahkan Posisi Guide

1. Pilih Move Tool.
2. Letakkan pointer diatas guide hingga pointer berubah menjadi Double-Headed Arrow.
3. Drag guide yang akan dipindahkan sesuai dengan kebutuhan sobat.


2.4 Mengunci Semua Guide

Jika sobat tidak ingin posisi guide bergeser karena tidak kesengajaan pada saat bekerja. Sobat bisa mengunci semua guide agar tidak berpindah dari posisinya. 

Pilih menu View > Lock Guides.

Jika sobat ingin membatalkan perintah tersebut, silahkan jalankan perintah tersebut sekali lagi.


Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop


2.5 Menghapus Guide

Untuk menghaps garis pada image, sobat bisa melakukannya dengan cara drag guide tersebut ke arah luar lembar kerja.

Jika sobat ingin menghapus semua guide yang ada, silahkan sobat klik menu View > Clear.

Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop



Itulah Fungsi dan Cara Menggunakan Rule dan Guide di Photoshop. Dengan fasilitas ini, saya bisa membaut editan foto mosaic seperti yang sudah saya sampaikan pada awal postingan ini.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfat dan menambah ilmu.

Baca Juga :
Tag : tutorial photoshop, jelaskan fungsi dan pengertian rule dan guide, tutorial photoshop untuk pemula, bekerja dengan rule dan gride di photoshop, belajar photoshop.

Berbagi pengalaman dan sedikit ilmu yang saya punya melalu Blog sederhana.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang baik. Jangan SPAM atau meninggalkan link aktif di dalam komentar. EmoticonEmoticon