30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui

Tuesday, May 02, 2017
30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui - Kenapa saya ketakan bahwa trik ilat dan rahasia ini wajib untuk sobat ketahui? Karena, jika sobat bekerja dengan menggunakan Adobe Photoshop, disamping cara manual, cara cepat harus sobat ketahui dan kuasai.


Agar pekerjaan sobat menjadi cepat selesai dan juga maksimal. Trik kilat ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru ataupun rahasia banget. Namun, bagi sobat yang masih baru belajar dan belum sampai ke tahapan lengkah-langkah cepat dalam mengerjakan perkerjaan di Photoshop, trik ini tentu saja masih menjadi misteri.

Selain mempercepat pekerjaan sobat, trik kilat photoshop ini juga akan semakin mempermudah sobat dalam mengerjakan sesuati di dalam photoshop.

Di dalam trik ini, terdapat cara cepat menyeleksi rambut dengan cepat, memilih banyak layer dengan mudah, memeilih salah satu layer diantara banyak layer yang tidak kita ketahui/hafal nama layernya dengan mudah dan cepat. Dan masih banyak lagi.

Di dalam mengedit gambar di photoshop. Menyeleksi adalah pekerjaan yang hampir selalu kita temui. Terutama dalam menyeleksi rambut. Seperti yang sobat ketahui, menyeleksi rambut lebih memakan banyak waktu ketimbang menyeleksi objek lainnya.
Apalagi jika gambar yang akan dikerjakan memiliki resolusi atau kualitas yang buruk dan juga posisi rambut sangat berantakan dan tidak kontras dengan background.


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



Untuk itu, 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop ini wajib sobat ketahui dan pelajari agar semakin mudah dan cepat dalam proses menyeleksi rambut dalam kondisi apapun.

Baiklah, langsung saja sobat simak apa saja 30+ Trik Kilat dan Rahasia  yang Ada di Photoshop pada ulasan berikut.


1. Memilih Salah Satu Layer Diantara Banyak Layer dengan Cepat

Jika kita sedang mengerjakan editan gambar di Photoshop. Terkadang tanpa kita sadari layer yang kita buat sudah mencapai puluhan bahkan bisa saja mencapai ratusan.

Jika kita masih harus mencari layer yang akan kita kerjakan di Palet layer tentu akan sangat memakan waktu. Untuk itu sobat gunakan cara ini agar bisa dengan cepat mengaktifkan layer yang di tuju tanpa harus membuat-buang waktu mencari diantara tumpukan layer di palet layer.

Sobat lihat pada contoh gambar dibawah. Diantara banyak objek tersebut saya buat nama layernya menjadi acak. Untuk mempermudah memilih layer pada objek yang di tuju, silahkan sobat pilih Move Tool (V) pada tool box.

Setelah itu tekan CTRL pada keyboard lalu klik pada objek yang akan dipilih. Maka otomatis layer objek tersebutlah yang akan aktif pada Palet layer.







2. Menyeleksi Banyak Layer dengan Posisi Tidak Beraturan dengan Cepat 

Sama seperti contoh kasus diatas. Jika layer yang dibuat sudah mencapai puluhan akan memakan waktu jika harus menyeleksi beberapa layer sekaligus pada palet layer.

Gunakan cara berikut agar sobat bisa menyeleksi banyak yang tidak beraturan dengan cepat tanpa harus scrol keatas dan kebawah palet layer.

Pilih Move Tool (V) pada tool box. Setelah itu tekan CTRL + SHIFT > Klik pada beberapa Layer yang akan diseleksi.



30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



3. Membuat Layer Baru dengan Cepat

Membuat layer baru pada umumnya bisa dilakukan dengan cara klik menu Layer > New > Layer. Atau bisa dengan mengklik ikon Create a new layer pada palet Layer.

Namun ada cara cepat yang bisa sobat gunakan untuk membuar layer baru tanpa harus menggunakan kedua cara diatas.

Caranya, tekan CTRL + SHIFT + N, berikan nama layer kemudian klik ok.

Dari pengalaman pribadi dan menurut saya pribadi, cara ini lebih cepat dan mudah daripada harus pergi ke menu layer ataupun mengklik ikon Create a new layer pada palet Layer.
Karena saya pribadi, jika bekerja dengan menggunakan Adobe Photoshop dan pekerjaan tersebut tidak memerlukan banyak layer yang dibuat. Saya tidak pernah memberikan nama layer yang saya buat. Nama layer yang saya buat biasanya Default.

Untuk cara saya menyeleksi layer yang saya tidak tahu namanya saya gunakan cara yang sudah saya tuliskan diatas.



4. Menduplikat Layer dengan Cepat

Menduplikat layer atau mengkopi layer bisa sobat lakukan dengan cara klik kanan pada layer yang diseleksi kemudian pilih Duplicate Layer.

Namun ada cara yang lebih cepat dan mudah daripada cara tersebut. Yaitu dengan cara menekan CTRL + J pada keyboard.

Namun perlu sobat ketahui juga, cara ini tidak bisa digunakan untuk menduplikat beberapa layer sekaligus. Untuk menduplikat banyak layer tetap sobat gunakan cara klik kanan pada layer yang diseleksi kemudian pilih Duplicate Layer (Adobe Photoshop CS3).




5. Menduplikat Layer dengan Cepat Part 2

Selain menggunakan cara diatas ada satu cara lagi menduplikat layer dengan sangat cepat dan tanpa repot-repot menekan Hotkey (jalan pintas/Shortcut atau tombol kombinasi pada keyboard komputer) di keyboard.

Caranya, pada objek yang akan diduplikat gunakan Move Tool (V). Kemudian tekan Alt di keyboard lalu drag objek yang akan diduplikat. Maka layer objek tersebut akan terduplikat.

Cara ini jauh lebih mudah dan cepat dari cara-cara sebelumnya ataupun yang biasa digunakan.



6. Menganti Warna Teks dengan Cepat

Mengganti warna pada teks juga merupakan hal yang paling sering kita lakukan di Photoshop. Jika sobat masih  menggunakan cara manual dalam mengganti warna teks, akan sangat memakan waktu.

Menganti warna teks pada umumnya dilakukan dengan cara memblok teks yang akan diganti warnanya. Kemudian sobat bisa mengganti warna teksnya pada  Options Bar.

Jika yang akan diganti warna teksnya ada banyak, pastinya akan menghabiskan waktu hanya untuk mengganti warna teks saja. Gunakan cara ini agar mengganti warna teks menjadi semakin lebih mudah dan cepat.

Seleksi atau aktifkan layer teks yang akan dirubah warnanya. Atur warna forground pada Set Color sesuai dengan yang diinginkan, misalnya warna biru.

Untuk merubah warna teksnya tekan Alt + Del/Backspace. Jika ingin merubah warna teks mengikuti warna Background pada Set Color gunakan CTRL + Del/Backspace.



7. Mengganti Warna Objek dengan Cepat

Jika sebelumnya yang saya share adalah cara cepat mengganti warna pada teks, kali ini saya share cara cepat mengganti warna objek dengan cepat.

Apa bedanya cara menganti warna objek dengan teks?
Perbedaannya tidak terlalu signifikan. Namun perlu sobat ketahui, jika sobat menggunakan cara mengganti warna teks pada objek. Maka yang akan terwarnai pada layer objek ini adalah keseluruhan layer. Hasilnya sobat malah membuat warna background.

Perbedaanya ada dimana?
Perbedaannya hanya ada di Hotkey yang digunakan. 

Alt + SHIFT + Del/Backspace : Digunakan untuk mengganti warna pada objek sesuai dengan warna Forground yang ada di Set Color.

CTRL + SHIFT + Del/Backspace : Digunakan untuk mengganti warna pada objek sesuai dengan warna Background yang ada di Set Color.



8. Menganti Satuan Ruler

Ini bukan cara cepat, tapi ini juga penting untuk sobat ketahui. Bagi sobat-sobat yang sudah terbiasa dengan Adobe Photoshop mungkin mengganti satuan ruler sudah banyak yang tahu. Tetapi untuk sobat yang baru belajar tentu saja hal ini menjadi masalah.

Mungkin pada suatu kasus, pekerjaan sobat membutuhkan satuan sentimeter. Sedangkan satuan default mungkin adalah Pixels.

Lalu, bagaimana cara mengganti satuan Rulernya?
Jika belum keluar tampilan penggaris (Rulers) pada sisi samping dan atas lembar kerja. Silahkan sobat klik menu View > Rulers. Atau bisa dengan cara menekan CTRL + R.

Setelah itu, pada tampilan Rulers yang ada di atas lembar kerja, silahkan sobat klik kanan > lalu ganti dengan satuan sesuai dengan yang sobat butuhkan, misalnya saja centimeters.


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui




9. Mengatur Opacity Layer dengan Cepat

Mengganti opacity layer juga bisa dilakukan dengan sangat cepat tanpa perlu menggeser slider pada Palet layer. Karena mengatur opacity layer merupakan hal yang sering juga kita lakukan di Photoshop, maka cara ini sangat penting untuk sobat ketahui.

Untuk mengganti opacity layer dengan cepat silahan sobat aktifkan layer yang akan diatur Opacitynya.

Pilih Move Tool (V) terlebih dahulu. Kemudian tekan angka 1 pada keyboard untuk mengubah Opacity Layer menjadi 10%. Tekan angka 2 untuk mengubah Opacity Layer menjadi 20%.

Untuk mengubah opacity layer sesuai dengan keinginan. Misalnya 25%, tekan angka 25 dengan cepat.


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui




10. Mengatur Size Brush dengan Mudah dan Cepat

Menyesuaikan ukuran Brush dalam proses mengedit adalah hal yang biasa kita lakukan. Selain brush untuk menggambar brush untuk menghapus (Eraser Tool) juga sangat sering kita setting ukurannya. Jika menggunakan cara manual, sobat pastinya akan mondar-mandir mengarahkan kursor ke Options Bar dan Lembar kerja untuk mengatur ukuran brushnya.

Jika saat ini sobat masih menggunakan cara menggeser Slider Master Diameter untuk mengecilkan dan membesarkan ukuran Brush. Sebaiknya sobat gunakan cara ini agar jauh lebih mudah dan cepat.

Pada saat sobat menggunakan Brush (B), gunakan tombol tanda kurung siku  [ ] (Square Brackets) pada keyboard. 

Square Brackets kiri untuk mengecilkan size Brushnya. Square Brackets kanan ] untuk membesarkan size Brushnya.



11. Mengedit Foto Menjadi Hitam Putih dengan Cepat

Mengedit foto berwarna menjadi hitam putih bisa dilakukan dengan cara klik menu Image > Adjustments > Black & White. Pada cara ini, hasil efek hitam putih bisa diatur contras dan perubahan komposisi warnanya. Cara cepatnya sobat bisa menekan CTRL + Alt + SHIFT + B.

Namun ada cara yang jauh lebih cepat dan mudah yaitu dengan menggunakan efek Desaturate. Hasilnya kurang lebih sama, namun yang membedakan, dengan cara ini sobat tidak bisa mengatur contras dan seperti apa hasil yang sobat inginkan. Hasil yang didapat otomatis.
Desaturate adalah proses mengonversi image berwarna menjadi image grayscale (hitam-putih) tanpa mengubah Color Mode. Proses ini tidak bisa dilakukan pada layer bertipe Smart Object, Anda harus melakukan Rasterize terlebih dahulu.
Untuk membuat gambar menjadi Hitam-Putih dengan cepat sobat lakukan dengan cara menekan CTRL + SHIFT + U.


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



12. Mensetting Undo Hingga 1000x

Salah ataupun revisi dalam proses pengerjaan gambar di Photoshop adalah hal yang biasa terjadi. Jika kita ingin kembali ke proses editan sebelumnya, kita bisa menggunakan cara Undo (CTRL + Alt + Z).

Namun, defaultnya, batas Undo hanyak sebanyak 20x. Jika 20x undo ini dirasa masih kurang, sobat bisa menambahkannya hingga 1000x.

Caranya : Klik menu Edit > Preferences > Performance. Kemudian carilah kolom History States. Masukan jumlah maksimal Undo yang sobat inginkan. 

Tapi! Perlu sobat ketahui. Semakin banyak history yang sobat simpan, akan semakin membuat Photoshop berjalan lebih lambat.


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



13. Zoom In dan Zoom Out dengan Mudah

Untuk menzoom gambar atau zoom out bisa dilakukan dengan menggunakan Zoom Tool (Z). Atau bisa juga dengan menggeser Slider pada palet Navigator.

Ada cara yang lebih mudah dan ringkas dari kedua cara diatas. Yaiutu dengan cara menekan Alt pada keyboard lalu scrol mouse ke depan untuk Zoom In dan ke belakang untuk Zoom Out.



14. Cara Memindah Layer dengan Cepat

Mengatur susunan layer juga menjadi hal yang penting dan sering kita lakukan. Apabila susunan layer sudah bertumpuk akan kurang nyaman rasanya harus memindahkan layer yang kita pilih ke posisi yang diinginkan jika menggunakan drag mouse.

Jika dipadukan dengan cara memilih layer dengan cepat yang sebelumnya sudah saya share diatas. Cara yang satu ini akan sangat lebih mudah dan cepat dalam memindah layertertentu.

Setelah layer yang akan dipindahkan letaknya sudah terseleksi. Silahkan sobat tekan CTRL + ] untuk memindahkan posisi layer keatas. Dan gunakan CTRL + [ untuk memindahkan posisi layer kebawah.




15. Membuat Objek atau Area Seleksi dengan Presisi

Untuk sobat yang masih belajar Photoshop. Saat sobat membuat objek lingkaran ataupun persegi terkadang gambarnya tidak presisi. Seperti saat membuat lingkaran, seringkali gambar tersebut malah menjadi oval atau gepeng.

Agar mendapatkan bentuk lingkaran yang sempurna atau objek yang lain. Silahkan tekan SHIFT pada saat membuat objek tersebut agar hasilnya menjadi lingkaran sempurna.


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui

Dengan menggunakan cara ini, saya bisa membuat Desain Teks Tipografi pada lingkaran sempurna terseut. Jika sobat ingin lihat contohnya, silahkan baca pada artikel berikut :



16. Cara Membuat Garis Agar Lurus

Pembahasannya kurang lebih masih sama dengan cara sebelumnya diatas. Masih berkaitan dengan cara menggambar objek yang benar di Photoshop.

Jika sobat kesulitan membuat garis yang benar-benar lurus pada saat menggunakan Pen Tool (P) Polygonal Lasso Tool (L), Line Tool (U), ataupun tool lain yang digunakan untuk membuat sebuah garis.

Pada saat sobat membuat garis tersebut tekan SHIFT pada keyboard.




17. Me-Reset Warna Pada Set Color

Secara default, warna pada Set Color adalah Hitam dan Putih. Dalam proses pengeditan biasanya kita akan mengganti warna yang ada di Set Color. Dan warna tersebut mungkin sudah berubah menjadi Biru dan Merah.

Warna Hitam dan Putih ini sering digunakan jika sobat bekerja dengan menggunakan Layer Mask untuk menampilkan atau menyembunyikan objek. 

Mereset warna Set Color berarti mengembalikan warna forground dan background menjadi Hitam dan Putih. Jika menggunakan cara manual, sobat harus mengklik Set Color kemudian pilih warna defaultnya (Hitam dan Putih).

Jika sobat bekerja dengan menggunakan Layer Mask, cara merubah warna Set Color menjadi default seperti cara diatas kurang efektif karena akan memakan waktu.

Jika sobat ingin cepat dan lebih efektif, gunakan tombol D. Jika sobat akan mengganti warna forground menjadi background dan sebaliknya, gunakan tombol X.



18. Membuat Efek Lomo dengan Cepat

Membuat foto lomo bisa dilakukan dengan mudah dan cepat di Photoshop. Lihat caranya berikut.

Pertama Buka Photoshop sobat dan masukan foto yang akan diberikan efek lomo.

Kedua Masuk ke Palet Channels

Ketiga Pilih Channel Green, kemudian tekan CTRL + A pada Keyboard lalu copy (CTRL + C)

Ke-empat Pilih Channel Blue lalu Paste (CTRL + V)

Kelima Pilih Channel RGB lalu kembali ke Palet Layer dan lihat hasilnya


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui


Untuk penyempurnaan ataupun penyesuaian efeknya sobat bisa menambahkan Selective Color.

Untuk lebih detailnya lihat tutorial videonya dibawah!





19. Menggeser Tampilan Kerja Lebih Mudah

Dulu waktu saya belum menemukan cara ini saya menggeser tampilan kerja saya dengan menggunakan Hand Tool (H) dan kadang menggeser tampilan gambar di Palet Navigator. Dan saya rasakan sendiri cara ini kurang nyaman digunakan, kurang simpel dan efektif.

Karena kita harus menggerakkan kursor ke palet navigator ataupun harus mengganti tool. Saya tadi mengatakan menemukan, menemukan disini bukan bahwa saya yang menemukan cara ini. Tetapi saya baru tahu cara ini secara tidak sengaja.

Rata-rata orang mengedit di Photoshop keadaan tangan kanan memegang Mouse dan tangan kiri stand by di keyborad. Daripada sobat menggunakan kedua cara diatas, lebih baik sobat gunakan cara ini yang jauh lebih simpel dan mudah.

Gunakan tombol Spasi. Sobat tekan tombol Spasi lalu sobat gerakkan tampilan lembar kerja sobat sesuai dengan yang diinginkan. Jika sudah mendapatkan posisi tampilan gambar yang diinginkannya silahkan sobat lepas tombol Spasinya.

Saya pribadi, menggunakan cara ini jauh lebih nyaman, efektif , dan lebih cepat. Tapi semua tergantung kebiasaan masing-masing. Silahkan sobat coba dan rasakan perbedaannya dengan kedua cara yang saya sebutan sebelumnya.




20. Membuat Warna Foto Fokus Pada Satu Objek Gambar

Sebenarnya saya bingung mau ngasih judulnya dengan nama apa. Efek seperti ini biasanya sering digunakan untuk mengedit gambar pemain sepakbola di lapangan pada saat beraksi ataupun sedang berselebrasi.

Namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh pada foto model. Saya mengunakan koleksi foto ini milik Zafizack Photography.

Pertama Pada foto yang akan dibuat fokus pada warna orangnya klik Create new fill or adjustments layer > Hue/Saturation.

Kedua Pada Kotak Hue/Saturation, di kolom Edit pilih Greens. Klik Add to Sample lalu klik pada objek yang akan diturunkan Saturasinya. Klik pada warna daun yang berwarna hijau. Lalu turunkan Saturation menjadi -100.

Ketiga Lakukan cara yang sama seperti cara kedua, namun kali ini warna yang akan kita turunkan Saturasinya adalah Yellow. Jika sudah klik ok.

Mengedit foto dengan mengfokuskan warna pada satu objek ini sebenarnya bisa dilakukan kurang dari satu menit. Tidak percaya??? Coba saja .

Untuk lebih deatilnya lihat tutorial videonya dibawah!



Catatan : Kualitas gambar akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir



21. Mengganti Warna Baju dengan Cepat

Mengganti warna baju initinya sama seperti cara Membuat Warna Foto Fokus Pada Satu Objek Gambar diatas. Yang membedakan hanya dibagian Hue saja yang kita ubah.

Jika pada cara sebelumnya yang kita ubah nilainya adalah Saturation, maka kali ini yang akan kita ubah nilai atau kita atur settingannya adalah Hue.

Silahkan sobat geser Slider Hue ke kanan atau ke kiri untuk mengganti warna pada objek yang di tentukan. Jika ada bagian lain yang ikut terganti warnanya, sobat bisa memperbaikinya dengan menggunakan Layer Mask.




22. Mengubah Warna Rambut dengan Mudah

Masih membahas soal mengganti atau merubah warna pada gambar. Selain objek dan juga warna baju,dll. Warna rambut juga bisa dirubah dengan mudah. Lihat caranya dibawah.

Pertama Pada gambar yang akan diubah warna rambutnya, silahkan sobat klik menu Select > Color Range.

Kedua Tahan tombol SHIFT pada keyboard, kemudian klik pada area rambut. Buat nilai Fuzziness dengan angka 5, lalu klik ok.

Ketiga Setelah itu klik Create a new fill or adjustments > Color Balance.

Keempat Pada Radio Midtones buat nilai Magenta menjadi -45 dan Yellow -20. Klik Radio Shadows buat nilai Red +25 dan Green +5. Lalu klik ok.

Jika ada area yang ikut terseleksi dan ikut berubah pewarnaannya, silah sobat perbaiki dengan menggunakan Brush Tool (B) dengan Forground Hitam. Sapukan ke daerah yang akan diperbaiki.


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya dibawah!





23. Membuat Seleksi dengan Tepi yang Halus

Normalnya, jika sobat membuat seleksi, tepi area seleksi tersebut terlihat tegas atau jelas perbedaannya dengan area yang tidak diseleksi.

Hal ini akan terlihat apabila sobat menghapus area seleksi tersebut ataupun memberikan warna.

Lakukan cara ini setelah sobat berhasil membuat seleksi. Klik menu Select > Modify > Feather (Alt + CTRL + D). Atau bisa dengan cara klik kanan pada area seleksi kemudian pilih Feather.

Masukan nilai yang diinginkan pada Fetaher Selection Box dengan angka 2. Sesuaikan dengan kebutuhan, semakin besar nilainya maka akan semakin halus.


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



24. Cara Menampilkan Lembar Kerja Tersusun Rapi Bersampingan

Pada Photoshop CS3, jika sobat memasukan gambar yang akan dikerjakan dengan jumlah yang banyak maka file gambar tersbut akan bertumpuk-tumpuk. Akan sangat menyulitkan jika kita harus menggeser satu persatu file tersebut untuk mendapatkan file gambar yang akan kita kerjakan pertam kali.

Gunakan cara ini agar Lembar Kerja Tersusun Rapi Bersampingan. Klik menu Window > Arrange > Tile Horizontally/Vertically.


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



25. Menghapus Noda dan Jerawat Pada Wajah

Dalam dunia fotografi atau dunia percetakan, cara ini memang sangat pentin guntuk dikuasai. Cara ini sebenarnya masih tergolong kedalam cara menghaluskan wajah, lebih detailnya bisa sobat baca disni.....

Jika sobat akan mencetak pas foto ataupun foto untuk keperluan lain. Memperbaiki tampilan pada wajah yaitu dengan menghapus noda ataupun jerawat sebaiknya sobat lakukan terlebih dahulu. Cara lengkapnya sudah saya berikan linknya diatas.

Namun, untuk cara mudahnya silahkan sobat gunakan Spot Healing Brush Tool (J). Tekan Alt kemudian klik pada bagian wajah yang mulus. Lepas Alt, lalu klik pada area wajah yang bernoda dan berjerawat.


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya dibawah!





26. Menghapus Kantong Mata pada Foto

Selain menghapus noda dan jerawat, menghapus kantong mata pada foto juga penting untuk dilakukan agar hasil gambar menjadi lebih baik.

Pertama Pilih Clone Stamp Tool (S). Atur Diameter dan Hardness Brush sebesar 30px dan 30%. Blending Modenya ubah menjadi Lighten dan Opacity 40%.

Kedua Tekan Alt lalu klik pada area dibawah kantong mata untuk mengambil sampelnya.

Ketiga Klik dan sapukan Brush di bawah mata untuk menghilangkan tampilan kantong mata. Tanda crosshair akan mengikuti ketika sobat menyapu area kantong mata, karena opsi Aligned diaktifkan



27. Cara Memutihkan Gigi dengan Cepat

Trik kilan kali ini masih tentang cara tentang permak foto atau Retouch wajah. Memutihkan gigi juga menjadi bagian penting dalam Retouch wajah. Ada cara yang mudah dan cepat dalam memutihkan gigi di Photoshop, berikut caranya.

Pertama Seleksi terlebih dahulu area gigi yang akan diputihkan. Untuk mendapatkan hasil seleksi dengan tepi yang halus bisa sobat baca kembali caranya diatas.

Kedua  Klik Create a new fill or adjustments > Levels.

Ketiga Silahkan sobat geser Slider yang di tengah kearah kiri atau menggeser Slider Output Levels ke arah kanan untuk memutihkan giginya. Jika ada area yang ikut berubah silahakan sobat perbaiki dengan menggunaan Brush Tool (B).


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya dibawah!







28. Mengedit Foto Bernuansa Retro dengan Mudah

Selain Efek Lomo, efek Retro juga menjadi efek yang sering orang pakai pada editan fotonya. Pada sebagian orang, menggunakan efek Retro pada foto akan memberian kepuasan tersendiri. Karena dengan efek ini, foto akan terlihat menjadi klasik. Lihat cara membuatnya dibawah.

Pada gambar yang akan dibuat efek Retro, klik Create a new fill or adjustments > Solid Color. Pilih warna R : 15 G : 73 B : 239, lalu klik ok.

Ubah blending mode menjadi Exclusion dan turunkan Opacity menjadi 25%.


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui, Efek Retro






29. Menggabungkan Layer ( Merge Layer ) Menjadi Layer Baru

Seperti yang sudah saya ceritakan di awal. Kadang tanpa kita sadari layer yang sudah kita buat pada saat mengedit foto sudah mencapai puluhan. Mungkin sobat ingin menggabungkan (Merge) seluruh layer tersebut tanpa mengubah struktur layer yang sudah ada. Atau layer aslinya tetap utuh.

Jika sobat mencari menunya di Phtoshop, cara ini tidak ada. Namun ada Hotkey yang bisa sobat gunakan. Yaitu dengan menekan CTR + SHIFT +Alt + E


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui


30. Cara Membuat Tulisan Rata Kanan Kiri

Pada saat sobat menuliskan teks di Photoshop, teradang ada situasi dimana sobat harus menuliskannya dalam format rata kanan dan kiri. Jika sobat melihat pada Options Bar, opsi untuk mengatur teks menjadi rata kanan dan kiri tidak ada di sana.

Namun sobat tidak perlu kawatir, karena sebenarnya Photoshop memiliki pengaturan untuk membuat tulisan menjadi rata kanan dan kiri.

Untuk membuat tulisan rata kanan dan kiri di Photohsop, silahkan sobat pilih Teks Tool (T) terlebih dahulu. 

Kemudian buatlah area untuk menuliskan teks tersebut dengan cara klik tahan dan drag. Lalu tulislah teks yang akan digunakan pada area tersebut.

Pada langkah ini tulisan masih rata kiri. Untuk membuat rata kanan dan kiri silahkan sobat klik menu Window > Paragraph.

Kemudian akan muncul Paragraph Box. Disitu sobat bisa mengatur tulisan dengan format rata kanan dan kiri ataupun format lainnya.


30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui




31. Cara Cepat Menyeleksi Foto dengan Rambut Terurai

Di awal postingan ini tadi saya memberikan iming-iming bagaimana cara menyeleksi rambut terurai dengan cepat. Pada postingan yang lain saya pernah diprotes bahwa sampel yang digunakan terlalu  mudah.

Saya sarankan buat sobat, jika mengikuti tutorial jangan terlalu berpatokan pada sampel yang dicontohkan. Tetapi lihatlah caranya.

Terkadang orang memberikan contoh pada sampel yang mudah agar lebih cepat dan gampang memahami tutorial yang disampaikan.

Untuk sampel yang digunakan sendiri sobat bisa menggunakan sampel yang ingin sobat gunakan. Cobalah bereksperimen dengan tutorial yang diberikan.

Selain itu, menggunakan sampel yang mudah juga bertujuan agar pembaca yang masih pemula juga bisa mengikuti tutorialnya dengan mudah.

Berikut ini saya bagikan trik cepat menyeleksi foto (mengganti background) dengan menggunakan dua sampel. Yang pertama tergolong mudah, dan yang kedua agak sulit.

Berikut Cara Cepat Menyeleksi Foto dengan Rambut Terurai :

Pertama Pada gambar yang akan dikerjakan, klik menu Filter > Extract.

Kedua Gunakan Edge Highlighter Tool untuk membuat area seleksi pada rambut.

Ketiga Klik Fill Tool lalu klik pada area yang tidak akan dihapus gambar backgroudnnya, lalu klik ok.

Keempat Terakhir tinggal sobat rapikan daerah yang dirasa masih kurang baik atau masih tersisa objek backgroundnya dengan menggunakan Eraser Tool (E)


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya dibawah!




Semua trik yang saya sampaikan diatas hampir 90% setiap hari saya gunakan untuk keperluan edit foto. Setiap hari, bermacam-macam orang datang kepada saya dengan membawakan foto untuk dicetak.

Seperti yang sobat ketahui, jika kualitas gambar yang didapat dari kamera ponsel kualitasnya sangat terbatas. Apalagi jika masih menggunaan kamera VGA (disini masih rata-rata menggunakan kamera VGA. Karena saya hidup di desa).

Dengan tuntutan untuk mengerjakan berbagai macam foto dengan kualitas beragam dalam waktu yang singkat. Saya membutuhkan cara-cara yang cepat untuk bisa mengelola foto yang dibawa oleh customer.

Dan sebagian besar langkah-langkah yang sering saya gunakan tersebut sudah saya share dalam postingan ini. Saya sertakan gambar, animasi dan video pada artikel ini agar semakin mudah dipahami. Semoga dapat bermafaat untuk sobat semua. Jangan lupa sapa saya di kolom komentar, terimakasih.

Berbagi pengalaman dan sedikit ilmu yang saya punya melalu Blog sederhana.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
8 August 2017 at 13:15 delete

Selamat siang min,terimakasi min utk artikelnya yg sangat bermanfaat dan membantu.
mhon maaf min,klo boleh sya minta aplikasi photoshop dan coreldraw'nya,saya ingin belajar lbh melalui blog anda min.
klo berkenan mhon kirim ke email saya : alfirdausadi@gmail.com
sekali lagi terimakasi.

Reply
avatar
11 November 2017 at 14:55 delete

wah makasih tips nya, semoga tambah rame blog nya

Reply
avatar
Aditya
AUTHOR
11 November 2017 at 21:51 delete

Sama-sama mas.
Aamiin...

Reply
avatar