Cara Mudah dan Cepat Mengkompres Ukuran File Foto Offline

Monday, February 27, 2017
Cara Mudah dan Cepat Mengkompres Ukuran File Foto Offline - File gambar atau foto dengan kualitas bagus pastinya memiliki ukuran file yang besar pula. Apalagi saat ini kamera-kamera Smartphone sudah lebih canggih. Dan tidak sedikit juga produk smartphone yang mengerluarkan jenis kamera phone. Yang artinya smartphone tersebut memang di prioritaskan untuk kegiatan foto.


Ukuran file foto yang besar tentunya akan cepat menghabiskan banyak ruang memori. Terutama untuk kalangan kaum hawa yang doyan banget selfie-selfie.

Selain untuk mengurangi space memori, cara mengkompres ukuran file foto ini juga bisa digunakan untuk keperluan pekerjaan dan lain - lain.

Seperti contoh untuk mengirim E-mail, banner iklan untuk di pasag pada halaman web, dan lain sebagainya.

....oh iaa, sebelumnya sudah saya posting cara mengkompres ukuran file foto tanpa software. Yaitu dengan cara mengkompresnya secara online.


Untuk megkompres ukuran file foto kali ini kita akan menggunakan software Microsoft Office Picture Manager. Sudah hampir semua komputer saat ini pasti sudah terinstall yang namanya Microsoft Office. Jadi sobat tidak perlu pusing tentang ada atau tidaknya program tersebut dalam komputer sobat.




Tapi jika memang tidak ada, mau tidak mau sobat harus instal terlebih dahulu programnya. Oke langsung saja sobat simak tutorialnya.



Langkah ke - 1

Pilih file gambar yang akan dikompress ukurannya. Lihat ukuran file sebelum dikompres pada lingkaran merah.


Cara Mudah dan Cepat Mengkompres Ukuran File Foto Offline


Langkah ke - 2

Kemudian klik kanan > Open With > Microsoft Office Picture Manager.


Cara Mudah dan Cepat Mengkompres Ukuran File Foto Offline



Langkah ke - 3

Setelah itu pilih Edit Pictures > Compress Pictures.


Cara Mudah dan Cepat Mengkompres Ukuran File Foto Offline


Langkah ke - 4

Kemudian pada opsi compress for : silahkan pilih sesuai kebutuhan. 

  • Documents : Opsi ukuran ini saya sarankan jika sobat tidak ingin kehilangan kualitas gambar yang terlalu signifikan. Pada opsi ini, walaupun gambar dikompres yang ukuran file semula sekitar 1 - 2MB menjadi dibawah 1MB maka gambar yang sobat peroleh masih terlihat bagus. Dimensi pada opsi ini adalah 1024 x 768
  • Web pages : Opsi ini digunakan jika sobat akan mengkompress file gambar tersebut untuk digunakan pada laman web. Misal seperti banner dan lain-lain. Dimensi untuk opsi ini adalah 448 x 336. Hasil yang diperoleh pada opsi ini, file akan berukuran dibawah 100KB.
  • E-mail Messages : Untuk pilihan ini ukuran file akan berkurang sangat jauh, hingga dibawah 10KB. Opsi file ini digunakan untuk mengirim E-mail. Dimensi opsi ini adalah 160 x 160.

Setelah sobat mengerti ketiga fungsi opsi tersebut, maka silahkan sobat pilih salah satu. Disini saya menggunakan opsi Documents > klik Ok. Maka sobat akan melihat perkiraan.


Cara Mudah dan Cepat Mengkompres Ukuran File Foto Offline



Langkah ke - 5

Setelah itu silahkan sobat save. Untuk menyimpan hasil kompres file tersebut menjadi file baru silahkan sobat pilih menu File > Save as. Tentukan letak penyimpanannya kemudian klik Save.

Jika sobat ingin menimpa dengan file aslinya, silahkan sobat tekan saja CTRL + S.

Namun jika sobat menggunakan file berformat PNG maka akan muncul dialog box pada saat sobat save. Klik saja Create File.

Cara Mudah dan Cepat Mengkompres Ukuran File Foto Offline



Nah sekarang coba sobat bandingkan ukuran file foto tersebut sebelum dan sesudah dikompres.


Cara Mudah dan Cepat Mengkompres Ukuran File Foto Offline


Itulah cara mengkompress ukuran file foto secara offline dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager. Dengan cara ini, gambar setelah di kompres tidak akan terlalu kehilangan detailnya. Sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat.

Berbagi pengalaman dan sedikit ilmu yang saya punya melalu Blog sederhana.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »