Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop

Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop - Dikesempatan kali ini kita akan membahas lagi tentang dasar - dasar penggunaan Palet Photoshop. Dan kali ini saya akan berbagi tentang fungsi dan cara menggunaan Palet Action Photoshop.
Sebelumnya palet Layer sudah kita bahas, dan kali ini kita lanjutkan pada palet Action. Yang dimaksud action Photoshop ialah fasilitas atau program photoshop yang bekerja menggunakan history atau pekerjaan kita sebelumnya yang sudah direkam.

Jadi gini, jika sobat merubah warna sebuah gambar dan pekerjaan sobat tersebut sobat rekam melalui Action Record. Maka jika sobat ingin melakukan cara yang sama persih dengan yang sobat lakukan pada gambar tersebut terhadap gambar lain. Sobat tidak perlu lagi mengerjakan semuanya dari awal lagi.

Sobat tinggal menjalankan Action yang sudah sobat rekam, maka gambar yang sobat edit menggunakan Action tersebut akan dikerjakan oleh Action Photoshop dengan sendirinya. Sobat tinggal menunggu prosesnya selesai.
Dengan menggunakan Action, pekerjaan sobat akan semakin lebih cepat dan efektif, karena tidak lagi melakukan semua pekerjaan dari awal.

Namun kelemahannya, setiap objek atau gambar terkadang memilik komposisi warna resolusi, dll yang dapat mempengaruhi hasil ahirnya walaupu menggunakan Action yang sama.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop - cara menggunakan actions photoshop, belajar photoshop untuk pemula, efek photoshop keren, cara mudah dan cepat mengedit foto dengan actions, tutorial photoshop dasar, artikel tentang photoshop untuk pemula lengkap, download action photoshop  gratis, download action photoshop keren, photoshop actions pack free download, download effect photoshop cs3, kumpulan action photoshop.


Namun hal ini hanya masalah kecil, sobat dapat memperbaiki kesalahan atau ketidaksempurnaan hasil akhirnya dengan melaukan perbaikan pada hasil yang dirasa kurang maksimal dengan cara manual. Langsung saja kita simak Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop, selamat membaca.


Cara Mengunakan Action Bawaan Photoshop

Dalam program Photoshop sendiri, sudah terdapat beberapa Action yang bisa sobat gunakan. Diantaranya seperti Action Image Effects, Frames, Text Effects, Textures, dll.

Sobat dapat memanfaatkan beberapa action photoshop ini secara gratis dan mudah. Mari kita coba...

Cara Menampilkan Action Photoshop

Buka Program Photoshop sobat, kemudian pilih menu Window > Actions (Alt + F9).


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop


Jika sobat menggunakan Photoshop CS3, sobat bisa membuanya dengan cara mengklik icon Action yang terdapat pada Palet Well


Cara Menambahkan Action Photoshop

Jika Palet Action sudah terbuka, maka sobat klik tanda panah kecil kebawah.

Disitu ada pilihan , sobat pilih saja sesuai kebutuhan, misalnya sobat ingin menggunakan Action Frame, maka sobat klik teks Frame.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop


Begitu juga seterusnya, jika sobat ingin menggunakan Action efek Text ataupun Image, tinggal sobat klik sesuai yang diinginkan.


Cara Menggunakan Action Photoshop

Sekarang kita masuk ke tahap penggunaannya, jika tampilan Palet Action sudah terbuka maka selanjutnya sobat persiapkan gambar yang akan diedit menggunakan actions ataupun bisa juga dengan menggunakan lembar kerja baru.

Langkah ke - 1
Buat lembar kerja baru (CTRL + N)

Langkah ke - 2
Pilih Action Photoshop yang akan digunakan. Disini saya menggunakan contoh Action Photoshop Textures.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop


Klik pada salah satu action yang akan digunakan. Kemudian klik icon Play Selection, maka otomatis action akan bekerja, biarkan action bekerja sendiri dan jika telah selesai maka efek yang diinginkan akan terlihat.

Karena saya menggunakan efek Textures Asphalt, maka bakcground putih yang saya buat pada saat membuat lembar lembar kerja baru berubah menjadi bertexture Asphalt. Sobat dapat mengkreasikan efek yang dihasilkan tersebut dengan menuliskan teks ataupun yang lainnya.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop



Cara Menambahkan Actions Photoshop dari Hasil Download
Ini yang penting, karena dengan menggunakan Action yang sudah kita download, kita bisa menggunakan banyak Action Photoshop yang jauh lebih menarik lagi dan beragam dari Action yang disediakan Photoshop.

Action ini sangat beragam, ada yang free dan ada juga yang berbayar. Tentu saja kualitas yang berbayar lebih memuaskan efeknya. Namun yang free juga tidak kalah bagus.

Sobat bisa mendownload action gratis ini di google dengan kata kunci Download Actions Photoshop Free!.

Atau yang lebih spesifik misalnya download Action Text efek Photoshop gratis!. 

Jika sobat ingin cepat, sobat bisa mendownloadnya langsung 25 koleksi Action Photoshop disini....

Setelah sobat download salah satu Action yang diinginkan, maka selanjutnya kita akan menambahkan Action tersebut ke Action Photosop kita.

Langkah - 1
Jika file action hasil download tersebut masih dalam bentuk winzip atau winrar silahkan sobat Extract terlebih dahulu.


Langkah ke - 2
Kemudian pada palet Action klik tanda panah kecil kebawah > lalu pilih Load Actions.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop


Langkah ke - 3
Cari dimana sobat meletakkan action photoshop yang sudah didownload tadi. File action tersebut berformat .ATN. Jika sudah ketemu lik Load.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop


Cara menggunakannya sama seperti cara sebelumnya di atas. Berikut hasil Action Photoshop tersebut yang berhasil saya terapkan terhadap gambar anak kecil.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop



Cara Mudah Membuat Action Photoshop Sendiri

Selain menggunakan Action Photoshop bawaan program Photoshop dan juga hasil download, sobat juga bisa membuat Actions Photoshop sendiri, begini caranya...

Langkah ke - 1
Pada Palet Action klik tanda panah kecil kebawah > New Set.

Pada Set ini, sobat bisa meletakkan beberapa Action di dalamnya. Beri nama Set tersebut, disini saya memberikan nama Photo Effect.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop



Langkah ke - 2
Setelah itu kita buat Actionnya dengan merekan apa yang kita kerjakan di Photoshop ini.

Sebelum merekam kerjaan sobat dengan Action, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu objek yang akan dieksekusi.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop


Pada Palet Action klik tanda panah kecil kebawah > New Action >. Saya akan membuat Action photo menjadi Sketsa Pensil, maka Action ini saya berinama Sketsa Pensil > Kemudian klik  Record.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop


Nah sekarang, apapun yang sobat kerjakan didalam Photohsop ini akan direkam.

Sobat tinggal kerjakan apa yang ingin sobat rekam, saya beri contoh seperti yang saya kerjakan ialah membuat photo menjadi sebuah gambar sketsa. Sobat bisa membaca cara membuatnya pada artikel dibawah ini : 


Langkah ke - 3
Jika sudah selesai pengerjaannya, silahkan sobat klik icon stop playing/recording pada palet Action.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop


Saat ini Action sobat sudah tersimpan, dan dapat digunakan sewaktu - waktu diperlukan. Berikut hasil yang saya peroleh dari Action Sketsa Pensil ini.


Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop



Ssstttt.... Saya kasih tau peluang bisnisnya disini.....

Untuk sobat yang ingin memanfaatkan keahlian dibidang Editing Photo, dengan cara menjual Action Photoshop, sobat bisa punya bisnis sendiri dibidang ini.

Dari action photoshop yang sobat buat, sobat bisa menjualnya melalui blog, web, situs jejaring sosial, dll.

Sebelumnya sudah saya katakan, jika Action Photoshop ini ada yang free alias gratis dan ada juga yang berbayar. Nah sobat bisa ikut dalam peluang bisnis ini.

Sobat bisa melihat contoh web yang menjual Action sebagai salah satu sumber penghasilannya.

Jika sobat sudah mahir membuat Action Photoshop sendiri dan ingin menjualnya, berikut saya bagikan cara menyimpan Action Photoshop hasil buatan sendiri yang bisa sobat jual.



Cara Menyimpan Action Photoshop Buatan Sendiri
Untuk bisa menjual ataupun membagikan Action yang telah sobat buat, maka sobat perlu menyimpan Action tersebut dalam bentuk file .ATN

Jika file Action tersebut sudah sobat save, barulah sobat bisa menggunakan file Action tersebut untuk sekedar berbagi dengan rekan, mengupload ataupun bisa sobat menjualnya jika dirasa Action tersebut sudah layak untuk diperjual belikan.

Berikut caranya agar Action yang sobat buat dapat di simpan dalam bentuk file .ATN...

Klik atau pilih Set Action yang akan disave. Pada Palet Action klik tanda panah kecil kebawah > Save Actions  

Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop


Itulah Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop. Jika sobat bertanya, jika saya bisa membuat Action sendiri, mengapa saya tidak menjualnya juga?

Ada keinginan untuk itu, namun saya menyadari ilmu saya masih belum seberapa, jadi jika untuk dijual saya rasa masih belum. Maka fari itu saya bagikan file - file di blog ini secara gratis.

Okeee, cukup segitu saja penjelasan artikel kali ini tentang Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar.

Tag : cara menggunakan actions photoshop, belajar photoshop untuk pemula, efek photoshop keren, cara mudah dan cepat mengedit foto dengan actions, tutorial photoshop dasar, artikel tentang photoshop untuk pemula lengkap, download action photoshop  gratis, download action photoshop keren, photoshop actions pack free download, download effect photoshop cs3, kumpulan action photoshop.

Download Action Photoshop Efek Foto Menjadi Sketsa Pensil
Size : 400 bytes

Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop, download actions photoshop efek gambar jadi pensil, pencil

Post a Comment for "Fungsi dan Cara Menggunakan Action Photoshop"