Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam - Macam Jenis Bahan Kertas Undangan Pernikahan dan Harganya

Macam - Macam Jenis Bahan Kertas Undangan Pernikahan dan Harganya - Beberapa kali saya sudah membahas tentang cara mencetak ataupun membuat desain undanngan menggunakan blanko. Sebelum saya membahas lebih jauh tentang cara membuat undangan pernikahan sendiri ataupun membuat desain undangan terlebih dahulu saya ingin berbagi info tentang jenis-jenis kertas undangan yang sering digunakan didunia percetakan.

Lumayan banyak jenis kertas yang digunakan untuk membuat kartu undangan, namun kali ini saya akan berbagi info jenis kertas undangan yang sering atau paling umum digunakan. Info ini saya kutip dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi, dan penting untuk sobat ketahui jika sobat ingin terjun ke dunia percetakan. Apa saja jenis-jenis kertas tersebut? silahkan sobat simak ulasannya berikut :

Macam - macam Jenis Bahan Kertas Undangan Pernikahan dan Harganya, undangan pernikahan, cetak undangan, jenis kertas undangan, bahan undangan, kartu undangan, ukuran kertas undangan, harga kertas per plano, bahan yang digunakan untuk membuat undangan, jenis kertas undangan dan harganya, harga kertas undangan, kertas undangan kosong, jenis kertas undangan pernikahan dan harganya


1. Kertas Art Paper

Yang pertama ada kertas Art Paper. Kertas undangan ini memiliki permukaan yang licin dan semi doff (matt). Selain untuk keperluan cetak undangan, jenis kertas ini juga sering digunakan untuk mencetak  Majalah,  brosur, atau Flayer.

Cetakan yang dihasilkan lebih bagus dibandingkan jika dicetak dengan menggunakan kertas HVS. Hal ini disebabkan karena rasternya halus dan tidak menyerap cat. Hingga diperoleh warna yang lebih solid. Terlebih jika dilaminating glossy/doff maka warnanya akan terlihat lebih maksimal lagi. 

Kertas Art Paper


Gramaturnya mulai dari 85gr, 100gr, 115gr, 120gr, dan 150gr. Biasanya saya menggunakan kertas Art Paper ini untuk membuat undangan pernikahan Hard Cover. Saya kombinasi kertas Art Paper ini dengan Kertas Karton Padi untuk covernya dan kertas Jasmine untuk bagian isinya. 

Jenis kertas ini tidak bis dicetak menggunakan tinta dye biasa pada printer. Jika ingin mencetak menggunakan printer, anda harus mengubah atau mengganti jenis tinta printa anda ke jenis tinta Art Paper.

Umumnya, jika digunakan untuk mencetak undangan, jenis kertas ini dicetak menggunakan mesin Offset agar mendapatkan hasil yang maksimal.


Ukuran Kertas : 65 x 100 cm dan 79 x 109 cm /Plano

Harga : Gram  85

65 x 90 = Rp. 370.451,-/Rim Plano

65 x 100 = Rp. 411.613,-/Rim Plano

79 x 109 = Rp. 545.292,-/Rim Plano




2. Kertas Art Carton

Kertas undangan Art Carton ini juga hampir sama dengan kertas art paper. Yang membedakan kertas undangan Art Carton dengan Art Paper adalah ketebalannya. 

Kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak Cover Buku, Kartu Nama, Brosur, Paper Bag, Katalog, Company Profile, Map, dan lain sebagainya.

Gramatur kertas ini bervariasi mulai dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, 350gr, dan 400gr. Jenis kertas ini juga bisa digunakan untuk cetak undangan Hard Cover. 

Ciri kertas Art Carton


Ukuran Kertas : 65 x 100 cm dan 79 x 109 cm /Plano

Harga : Gram 230

79 x 109 = 1.386.500,-/Rim Plano

65 x 100 = 1.046.500,-/Rim Plano



3. Kertas Ivory

Kertas Undangan Ivory ini sama seperti Art Carton yang membedakannya Art Carton 2 sisi kertasnya licin namun kertas Ivory hanya 1 permukaannya yang licin.

Jenis kertas undangan ini biasa digunakan untuk mencetak undangan full colour. Selain itu jenis kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak Paper Bag dan juga Box Cosmetic karena kertas ini memiliki ketebalan yang cukup dan kokoh. Gramaturnya mulai dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, 350gr, dan 400gr.

Kertas Ivory

4. Kertas Jasmine

Kertas undangan yang satu ini paling banyak atau sangat umum digunakan untuk keperluan cetak undanan. Kertas ini memiliki gliter-gliter berwarna yang memberikan kesan mewah pada kertas ini. Oleh sebab itu jenis kertas ini banyak digunakan untuk jenis undangan mewah.

Kertas ini memiliki banyak jenis warna diantaranya ada warna krem, abu-abu, putih, biru muda, pink, ungu, kuning, gold, dan lain-lain. Dan gramaturnya umumnya hanyak memiliki dua jenis yaitu tebal dan tipis. 

Kertas Jasmine


Macam - Macam Jenis Bahan Kertas Undangan Pernikahan dan Harganya

Ukuran Kertas
: 79 x 109 cm
Harga :  Harga kertas ini berkisar Rp. 4000 - Rp. 5000/plano



5. Kertas BW/BC/Linen/Concord

Jenis kertas ini memiliki permukaan berteksture. Biasanya juga digunakan untuk mencetak Kartu Nama, Kop Surat/Sertifikat.

Jenis kertas ini juga memiliki banyak pilihan warna. Gramaturnya mulai dari 160gr, 220gr, dan 250gr. 

Kertas BC Kertas TIK

6. Kertas Mecy Paper

Jenis kertas ini berteksture dan agak gliter-gliter. Ada beberapa jenis pilihan warna, Gramaturenya seperti kertas jasmine tipis dan tebal.

Kertas Mecy Paper



7. Kertas Blanko Undangan

Kertas undangan blanko adalah kertas undangan yang udah ada motif sama desainnya. Tapi kertas blanko ini belum ada teksnya, jadi butuh beberapa proses lagi diantaranya printing, packing, dan labeling.


Contoh kertas blanko undangan

Macam - macam Jenis Bahan Kertas Undangan Pernikahan dan Harganya

Macam - macam Jenis Bahan Kertas Undangan Pernikahan dan Harganya


Ukuran Kertas : Sangat bervariasi tergantung desain

Harga : Bervariasi ada yang Rp. 325,-, Rp. 800,-, Rp. 1,400,- dan masih banyak lagi.

Sobat bisa melihat contoh kertas undangan blanko ini pada link berikut :


Beberapa jenis kertas diatas merupakan jenis kertas yang umum digunakan untuk membuat undangan pernikahan maupun khitanan. Penting untuk sobat pahami dan pelajari jenis-jenis kertas tersebut agar sobat bisa membuat kreasi desain undangan yang beragam. Demikian penjelasan tentang jenis kertas undangan kali ini semoga bermanfaat, terimakasih.


8 comments for "Macam - Macam Jenis Bahan Kertas Undangan Pernikahan dan Harganya"

  1. Kalau kertas yang biasa dibuat kalender,atau sampul tiket kapal itu namanya apa ya mas?

    ReplyDelete
  2. Kalau kertas yang biasa dibuat kalender,atau sampul tiket kapal itu namanya apa ya mas?

    ReplyDelete
  3. Mau tanya pak, kalo bahan seperti kertas undangan tapi ukuran panjangnya 1,5 meter..ada ga ya? Kalo pesan custom kemana ya..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya kalau kertas jenis undangan paling besar ukurannya 79 x 109 cm. Hampir semua jenis kertas mempunyai ukuran ini, mulai dari HVS, Art Paper, Fancy, dll. Gramaturnya mulai dari 60gr – 400gr.

      Delete
    2. Belinya dimana ya pak? Yang ukuran 79 x 109?

      Delete
  4. Kak mau tanya, kertas undangan untuk khitanan itu cocok yg mana ya . Untk di print bolak balik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menggunakan blanko undangan. Kalau hasil desain sendiri cetak menggunakan kertas jamsine atau BC

      Delete

Berkomentarlah yang baik. Jangan SPAM atau meninggalkan link aktif di dalam komentar.