Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jendela Atau Lembar Kerja Adobe Photoshop

Tutorial Photoshop Pemula : Mengenal Fungsi Lembar Kerja Adobe Photoshop CS3


Mengenal Jendela Atau Lembar Kerja Adobe Photoshop - Photoshop merupakan software editing foto yang banyak digunaan para editor foto untuk memperbaiki maupun memanipulasi gambar. Software ini memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga memungkinkan kita untuk menghasilkan foto sekreatif mungkin. Dalam perkembangannya, software ini telah merilis beberapa seri versinya yaitu mulai dari Photoshop seri 1.0 sampai 7.0, kemudian ke versi CS mulai dari CS 1 , CS 2 , CS 3 , CS 4, CS 5 CS 6, dan Adobe Photoshop CC.

Tutorial Adobe Photoshop : Pemula, belajar photoshop dasar, mengenal jendela adobe photoshop, belajar photoshop mudah, photoshop beginner, artikel tentang photoshop lengap, dasar photoshop, memulai bekerja dengan photoshop. Tutorial photoshop lengkap untuk pemula.

Beberapa seri Photoshop pada tahun dan perkembangannya dapat sobat lihat pada gambar dibawah.

versi-versi adobe photoshop

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang photoshop dan fitur-fiturnya ada baiknya terlebih dahulu kita mengenali Jendela atau lembar kerja dari software Adobe Photoshop ini. Disini saya akan memberi contoh fungsi dari jendela Adobe Photoshop dari seri Photoshop CS 3. Adapun fungsi dari jendela adobe photoshop itu adalah sebagai berikut :

Tutorial Adobe Photoshop : Pemula, belajar photoshop dasar, mengenal jendela adobe photoshop, belajar photoshop mudah, photoshop beginner, artikel tentang photoshop lengap, dasar photoshop, memulai bekerja dengan photoshop. Tutorial photoshop lengkap untuk pemula.


1. Control Menu
Control Menu adalah sebuah elemen adobe photoshop yang terletak di sudut kiri atas Jendela . Elemen tersebut di tampilkan dalam bentuk icon program. Sobat bisa melihat penjelasan gambarnya dibawah :

control menu pada photoshop

Untuk menampilkan menu perintahnya silahkan sobat klik icon programnya. Maka akan di tampilkan menu perintah yang digunakan untuk mengubah tampilan seperti memindah atau mengubah ukuran jendela, dan juga keluar dari program Adobe Photoshop. Perhatikan gambar berikut :

control menu di photoshop

Fungsi dari masing-masing gambar tersebut ialah :
Restore : Mengatur ukuran jendela ke ukuran relatif.
Minimize : Mengatur ukuran jendela ke ukuran minimal.
Maximize : Mengatur ukuran jendela ke ukuran maximal.
Move : Memindah posisi jendela. 
Size : Mengatur ukuran jendela ke ukuran bebas.
Close : Keluar dari program Adobe Photoshop CS3.

2. Title Bar 
Title Bar ialah batang judul jendela yang berfungsi menampilkan judul atau nama dari jendela. Misalnya sobat bekerja dengan gambar dengan nama rumput, maa Title bar akan menampilkan nama rumput. Selain itu title bar juga berfungsi sebagai : 


- Memindah posisi jendela dengan cara drag pada bagian title bar. 

- Mengatur ukuran jendela dari ukuran maximize ke ukuran restore ataupun juga sebaliknya dengan cara klik dua kali pada title bar. 

3. Menu Bar 
Menu Bar berfungsi menampilkan pilihan menu seperti, menu File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, dan sebagainya. 

Menu bar pada photoshop

 4. Options Bar 
Option Bar berisi sekumpulan tombol yang digunakan untuk melaksanakan suatu perintah. Tampilan option bar akan mengikuti tool apa yang sedang digunakan pada toolbox. 


Toolbox ialah sebuah kotak yang berisi berbagai tool dalam photoshop. sobat bisa menggunakan tool dalam toolbox ini untuk membuat seleksi, membuat teks, membuat gambar, ataupun melakukan hal lainnya. 




Toolbox ditampilkan sebagai jendela terbang (floating window) dalam area kerja (work space). 

fungsi toolbos di photoshop, cara menggunakan tool dalam toolbox photoshop, tool dalam photoshop.

Jika sobat memperhatikan pada sisi sudut kanan bawah tool dalam toolbox, sobat akan melihat tanda panah kecil. Itu menunjukan bahwa tool tersebut memiliki tool lain yang berada di belakangnya. Untuk membuka atau menampilan tool tersebut sobat klik tahan tanda panah tersebut, atau bisa juga dengan cara klik kanan pada tool tersebut. Baca selengkapnya fungsi-fungsi tool pada Adobe Photoshop... 

Palet berfungsi untuk mengontrol sifat dan cara kerja tombol-tombol yang ada di dalam toolbox. 


Itu tadi nama-nama dan fungsi yang ada dalam jendela Adobe Photoshop. Untuk lebih detailnya lagi seperti fungsi-fungsi tool yang ada pada toolbox, fungsi-fungsi yang ada pada palet photoshop seperti palet layer, channel, palet history, palet actions, dan lain sebagainya bisa sobat simak dalam tutorial selanjutnya terimaksih. Jangan lupa tinggalkan komentar untuk kritik dan saran dan juga pertanyaan seputar artikel ini.... 

Tag : Tutorial Adobe Photoshop : Pemula, belajar photoshop dasar, mengenal jendela adobe photoshop, belajar photoshop mudah.

2 comments for "Mengenal Jendela Atau Lembar Kerja Adobe Photoshop "

Berkomentarlah yang baik. Jangan SPAM atau meninggalkan link aktif di dalam komentar.