Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Template Label Nama Undangan Pernikahan Bermotif Download Soft File

Postingan ini telah diupdate pada tanggal 09 Juli 2019

Cara Membuat Template Label Nama Undangan Pernikahan Bermotif Download Soft File - Assalamu'alaikum....Mau sharing lagi nih tentang corelDRAW. Bagi sobat yang sedang menekuni atau lagi belajar usaha percetakan undangan kali ini saya ingin berbagi kepada sobat salah satu hal yang serig kita jumpai saat bekerja di dunia percetakan undangan. Yaitu tentang mencetak atau nge-print nama pihak yang akan di undangan di label nama undangan milik costumer sobat.
Sebenarnya caranya simple, namun jika sobat masih awam dan masih belajar cara nge-print di label nama undangan, biasanya sobat agak kesulitan untuk menyesuaikan letak dan jarak nama agar pas di kertas label nama sobat. Untuk itu saya ingin share sedikit ilmu tentang bagaimana cara mencetak label nama undangan agar pas dan rapi, mari kita simak tutorialnya....



Langkah-langkah yang bisa sobat lakukan adalah :

Proses Desain


1. Buka program CorelDRAW sobat lalu buatlah lembar kerja baru.


2. Seting ukuran kertas seperti gambar dibawah. Ukuran kertas label undangan milik saya ialah 138 x 200 mm dengan isi 12 tempelan label namanya. Jika ukuran label nama milik sobat sama seperti milik saya ikuti setingan ukuran kertas saya. Namun akan lebih baik jika sobat ukur dulu ukuran kertas label nama sobat agar sesuai hasil cetaknya nanti.

ukuran kertas label nama undangan

3. Scan kertas label nama sobat. Masukan gambar label nama sobat yang sudah di scan, jika ukuran label nama sobat sama dengan saya, dengan ukuran 3,2 x 6,4 cm , sobat bisa ambil gambarnya di bawah. Atur posisinya di tengah lembar kerja.

label nama undangan, kertas label nama, label undangan bunga, download gambar label nama undangan

4. Pastikan margin atau jarak sisi-sisi tepinya pas dengan yang asli, karna jika ukuran jaraknya melenceng maka nanti pada saat di cetak teks namanya gak pas di posisi yang di harapkan.
margin dan ukuran label nama undangan

5. Sekarang tinggal sobat ketikan nama-nama dan alamat yang ingin sobat tulis. Pilih teks tool kemudian ketikan nama yang akan di tulis.

desain nama undangan di label nama undangan

6. Nah, 12 nama sudah kita buat untuk kita undang, selanjutnya kita buat untuk nama-nama orang yang lain yang akan kita tulis, caranya. Copy gambar labelnya ke luar area kerja, cara mengcopynya bisa dengan cara menekan CTRL + C kemudian CTRL + V

deain label nama undangan

7. Selanjutnya Klik insert page, nantinya akan ada 1 page lagi di lembar kerja sobat, jadi kita punya 2 page sekarang.

cara menambah page di coreldraw


8. Sekarang aktifkan page 2 tadi dengan cara mengklik page 2 yang ada di sisi bawah area kerja tadi. 

9. Inilah page ke-2 kita. looohh ko kerjaan saya yang tadi hilang!!?? Tenang sobat, kerjaan sobat yang tadi masih ada dan tersimpan di page 1. Jika sobat ingin melihat ataupun mengedit kerjaan sobat yang tadi silahkan sobat balik lagi ke page 1 tadi.

fungsi page dalam coreldraw, cara mengganti page 1 ke page 2 di coreldraw

10. Sekarang tinggal tulis lagi aja nama sama alamatnya seperti page 1 tadi.
.
11. Berikutnya tinggal ulangi langkah-langkah tadi sampai semua nama yang mau sobat cetak/print tertulis semua. Langkah selanjutnya tinggal proses print/cetak.


Proses Cetak/Print
1. Jika sudah selesai desainnya selanjutnya kita print. Hapus dulu kertas labelnya biar nanti waktu di print gak nimpa, sekarang pilih file - print preview.

cara print label nama biar pas

2. Lalu kita atur settingan kertas di printernya. Pilih Print Options (Alt + O)

Cara Mencetak atau Print Label Nama Undangan Biar Pas

3. Pada print options masuk ke menu properties - page setup.

setting printer untuk cetak kertas label nama

4. Page size pilih custom paper size . Ukuran lebar 138 x 200 mm landscape sesuaikan dengan ukuran lebar kertas sobat), setelah itu klik ok.

ukuran kertas label nama

5. Lihat di bagian menu print range di print options. Pada print range pages ada pilihan 1-5 seperti punya saya, karna saya membuat 5 page. Jika sobat ingin mencetak semua page mulai dari page 1 sampai page 5 sekaligus, sobat bisa menyeting pilihan print range page seperti milik saya. Namun jika sobat hanya ingin mencetak page tertentu misalnya page 1 atau 3, sobat tinggal ganti setingan print range pagesnya menjadi 1 atau 3.

cara print dokumen menurut page di coreldraw melalui printer canon mp237

6. Jika sobat menggunakan label dengan motif bunga seperti saya, masukan kertas label ke printer sobat dengan posisi seperti gambar di bawah.

cara print biar gak kebalik, cara print label nama biar gak kebalik

7. Terkhir tinggal sobat print hasil kerja sobat dengan mengklik icon print di atas.

cara print atau cetak label nama undangan yang benar

Disini saya sudah menyiapkan file coreldrawnya, jadi sobat tinggal download dan gunakan tanpa harus mensetting dari awal. Silahkan sobat download pada link di akhir artikel ini.

Sebenarnya ada cara yang jauh lebih mudah dan singkat dalam mencetak label nama undangan ini. Mungkin di lain kesempatan akah saya share juga. Sobat tunggu saja update terbarunya di blog ini.

Nah itu tadi beberapa cara mencetak nama di label undangan pas atau gak menceng. Silahkan sobat praktekan, dan jika ada kendala silahkan sobat tanyakan di kolom komentar...

Tag : Label undangan, desain label undangan, print label undangan, cara print label undangan biar pas, cara cetak label undangan yang bener, cetak undangan nikah beserta labelnya, cara mudah print label nama undangan di corel, tempat nama untuk undangan pernikahan.

2 comments for "Cara Membuat Template Label Nama Undangan Pernikahan Bermotif Download Soft File"

  1. sangat membantu sekali, terima kasih sudah berbagi ilmunya... :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik. Jangan SPAM atau meninggalkan link aktif di dalam komentar.